Basuki Tjahja Purnama alias Ahok. Foto: MI/Ramdani.
Basuki Tjahja Purnama alias Ahok. Foto: MI/Ramdani.

Ahok Penuhi Persyaratan Jadi Bos BUMN

Ekonomi ahok kementerian bumn Pergantian Direksi BUMN
Annisa ayu artanti • 13 November 2019 19:50
Jakarta: Penugasan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok sebagai bos BUMN tidak asal-asalan. Ahok telah memenuhi persyaratan anggota direksi perusahaan BUMN.
 
Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengatakan Ahok telah memenuhi persyaratan yang tercantum dalam Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-03/MBU/02/2015 tentang Persyaratan, Tata Cara Pengangkatan, dan Pemberhentian Anggota Direksi Badan Usaha Milik Negara.
 
"Semua peraturan perundang-undangan pasti dipenuhi ketika seseorang ditugaskan di BUMN," kata Arya kepada Medcom.id, Rabu, 13 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam regulasi tersebut terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi calon direksi BUMN, seperti persyaratan formal, persyaratan materiil, dan persyaratan lain.
 
Untuk persyaratan formal, dalam Bab II poin A menyebutkan, direksi perseroan adalah orang yang cakap melakukan perbuatan hukum kecuali dalam waktu lima tahun sebelumnya pernah dinyatakan pailit, menjadi anggota direksi atau anggota dewan komisaris serta dewan pengawas yang dinyatakan bersalah dan menyebabkan BUMN atau perusahaan pailit, dan tidak pernah melakukan tindak pidana yang merugikan keuangan negara, BUMN atau perusahaan.
 
Sementara persyaratan untuk direksi perum yaitu orang yang mampu melaksanakan perbuatan hukum dan tidak pernah dinyatakan pailit, tidak pernah menjadi anggota direksi atau anggota dewan komisaris dan dewan pengawas yang dinyatakan bersalah menyebabkan BUMN atau perusahaan pailit, dan tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana yang merugikan keuangan negara, BUMN atau perusahaan.
 
Kemudian persyaratan materil direksi BUMN terdapat pada Bab II poin B yang diantaranya adalah memiliki keahlian, integritas, kepemimpinan, pengalaman, jujur, prilaku yang baik, dan dedikasi yang tinggi untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan.
 
Sedangkan persyaratan lain direksi BUMN adalah bukan pengurus partai politik atau calon anggota dan legislatif, bukan calon dan kepala atau wakil kepala daerah, tidak menjabat sebagai direksi pada BUMN yang bersangkutan selama dua periode berturut-turut, memiliki dedikasi dan menyediakan waktu sepenuhnya untuk melakukan tugasnya dan sehat jasmani dan rohani.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif