Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani. (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu).
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani. (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu).

Kadin Sambut Wacana Maskapai Asing ke Indonesia

Ekonomi penerbangan Tarif Tiket Pesawat Maskapai Asing
Annisa ayu artanti • 06 Juni 2019 19:57
Jakarta: Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani menyambut baik wacana pemerintah yang memperbolehkan maskapai asing masuk ke industri penerbangan Indonesia. Termasuk, maskapai asal Tiongkok.
 
Rosan mengatakan masuknya maskapai asing tersebut tidak perlu ditakuti. Adanya maskapai asing akan membuat kompetisi di industri penerbangan dalam negeri lebih baik.
 
"Kalau kita tuh di dunia usaha itu kompetisi kan selalu sehat. Kita harus lihat selalu begitu. Jadi bukan suatu yang harus ditakuti," kata Rosan di kediamannya, Jalan Kemang Timur Raya, Bangka, Jakarta, Kamis, 6 Juni 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan adanya kompetisi tersebut, Rosan menjelaskan akan memberikan dampak positif bagi Indonesia. Harga tiket pesawat yang saat ini tinggi pun akan dapat ditekan.
 
"Dengan adanya kompetisi semua akan menjadi lebih baik dan lebih efisien, dan yang menikmati juga siapa? Masyarakat Indonesia secara keseluruhan," ujar dia.
 
Di sisi lain, dia mengomentari mengenai ocehan dan anggapan negatif netizen yang menilai pemerintah semakin membuka kembali gerbang Tiongkok masuk ke Indonesia.
 
Rosan menuturkan seharusnya masyarakat Indonesia lebih dewasa dan tidak selalu terpaku oleh satu negara. Masyarakat seharusnya lebih terbuka bahwa keberadaan maskapai asing akan memberi banyak manfaat bagi Indonesia.
 
"Harusnya kita tidak melihat dari negara mananya. Dari Tiongkok atau dari mana, lalu jadi takut. Yang penting semuanya bisa membawa asas manfaat terbesar buat Indonesia," tutur dia.
 
Rosan juga menambahkan, untuk maskapai dalam negeri supaya tidak merasa tersingkir dengan rencana tersebut. Menurutnya di dalam bisnis pasti ada persaingan.
 
"Kita itu kebanyakan khawatir. Ini (maskapai asing) masuk semuanya akan terambil. Enggak lah. Percaya sama saya," tukas dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif