Ilustrasi
Ilustrasi

PKL DKI Didorong Beralih ke Nontunai

Ekonomi transaksi non tunai
Medcom • 03 Oktober 2019 14:00
Jakarta: Pedagang Kaki Lima (PKL) didorong beralih ke sistem nontunai (cashless) dalam menjalankan jual beli. Selain lebih aman, sistem nontunai dapat meminimalisasi peredaran uang palsu.
 
Hal itu disampaikan disampaikan Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi saat penyerahan CSR Bank DKI berupa fasilitas gerobak dan etalase kepada PKL Sunda Kelapa di Jakarta, Kamis, 3 Oktober 2019.
 
Babay mengatakan, untuk mendorong penerapan transaksi nontunai di DKI Jakarta, Bank DKI menggandeng sejumlah PKL di kawasan Masjid Sunda Kelapa menjadi merchant aplikasi JakOne Mobile. Dengan menjadi merchant JakOne Mobile, PKL Sunda Kelapa bisa menerima pembayaran nontunai berbasis QR Code.
 
“Kami berharap semakin banyak PKL yang beralih ke nontunai. Fasilitas gerobak ini juga kami harap bermanfaat bagi peningkatan pendapatan para pedagang sekitar masjid Sunda Kelapa,” kata Babay.
 
Dia mengungkapkan, Bank DKI siap membantu pedagang yang membutuhkan modal. Pihaknya menyediakan kredit Monas 25,75 dan 500 yang dapat menunjang usaha PKL agar berkembang lebih pesat.
 
Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi menyebut penataan PKL di kawasan Masjid Sunda Kelapa harus lebih rapi dari kawasan yang lain. “Apalagi pengunjungnya orang kantoran. Ini menjadi kebanggaan tetapi harus menjadi perhatian kita,” kata Irwandi.
 
Dengan bantuan gerobak dan etalase tersebut, Irwandi berharap keberadaan PKL di Masjid Sunda Kelapa lebih rapi, indah dan membuat pengujung lebih nyaman.
 
“Bantuan sudah diberikan, sekarang tugasnya para pedagang menjaga kebersihan dan kerapihan. Kita enggak mau PKL dianggap cuma bikin kotor dan kumuh. Kita ingin PKL bersih, rapi dan tidak kumuh. Kalau nanti ada pedagang enggak mau ikut aturan, hanya ada dua pilihan, mau meng-upgrade dirinya atau keluar dari sini,” tegas Irwandi.
 
(FZN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif