Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Medcom.id.
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Medcom.id.

Erick Thohir Indikasikan BUMN Penugasan Tak Masalah Rugi

Ekonomi kementerian bumn Indonesia Millennial Summit
Suci Sedya Utami • 17 Januari 2020 17:21
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberi sinyal untuk tidak mempermasalahkan kerugian yang terjadi pada BUMN selama perusahaan tersebut menjalankan penugasan dari pemerintah.
 
"(BUMN penugasan boleh rugi) tergantung, memang kan penugasan," kata Erick di Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat, 17 Januari 2020.
 
Erick mengatakan yang tidak diperbolehkan yakni apabila ada kesengajaan untuk membuatnya menjadi rugi. Erick tetap akan melihat kinerja perusahaan secara keseluruhan. Kendati dia bilang tidak semua perusahan akan dinilai berdasarkan metode penilaian key performance index (KPI) yang sama.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebab ada BUMN yang memang diperuntukkan tidak hanya fokus menjalankan bisnis, namun juga fokus dalam aksi tanggung jawab sosial. Misalnya saja PT Pupuk Indonesia (Persero) yang selama ini mendapatkan subsidi dan penugasan terkait sektor pangan. KPI direksi Pupuk Indonesia tentu akan berbeda dengan KPI direksi PT Telkom (Persero).
 
"Ini membuat sulit mencari leader di Pupuk Indonesia dibandingkan Telkom karena jelas-jelas ada bottom line-nya jauh lebih besar," tutur Erick.
 
Oleh karenanya, untuk menghilangkan kecemburuan, kementerian pun akan merumuskan format penilaian yang berbeda namun dengan asas keadilan yang sama.
 
"Karena itu kita ingin sekali perusahaan-perusahaan yang (bergerak untuk) sosial ini bener fokus ke sosial impact-nya itu," ucap Erick.
 
Selain itu, dalam penilaian kinerja terutama dari sisi keuangan, Erick juga akan melihat mana perusahaan yang mempercantik laporan keuangan (window dressing) dengan menggunakan revaluasi aset sebagai komponen utang namun nyatanya tidak terbukti adanya dana tunai.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif