Pemerintah Perlu Cegah Kelas Menengah Masuk Jurang Kemiskinan. Foto: MI/Safir Makki
Pemerintah Perlu Cegah Kelas Menengah Masuk Jurang Kemiskinan. Foto: MI/Safir Makki

Pemerintah Perlu Cegah Kelas Menengah Masuk Jurang Kemiskinan

Ekonomi kemiskinan kelas menengah
Eko Nordiansyah • 16 Januari 2020 19:31
Jakarta: Pemerintah dinilai harus menyiapkan langkah antisipasi agar mencegah masyarakat kelas menengah tidak masuk golongan kemiskinan. Selama ini, kelas menengah dinilai tidak begitu banyak mendapat program afirmatif dari pemerintah.
 
Ekonom Senior Indef Bustanul Arifin mengatakan, masyarakat kelas menengah memang terdiri dari beberapa golongan. Namun salah satu yang perlu jadi perhatian pemerintah adalah mereka yang berada pada lapisan bawah dari kelas menengah.
 
"Termasuk, mereka yang baru saja terentas dari kategori miskin. Kelompok ini juga termasuk golongan near poor yang jauh lebih rentan atau vulnerable terhadap gangguan eksternal dan internal," kata dia di Jakarta, Kamis, 16 Januari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, mereka yang memiliki usaha, termasuk bisnis rintisan (startup) masih rentan terhadap risiko usaha dan perubahan kondisi perekonomian. Apalagi, jika sampai terjadi bencana ekologis, risiko lingkungan, bencana alam, hama-penyakit tanaman, perubahan iklim, dan lain-lain.
 
"Kelompok kelas menengah ini hanya sedikit menikmati program-program insentif dan perlindungan usaha. Apalagi, kita paham terdapat kenaikan cukai rokok, iuran BPJS dan lain-lain. Hampir semua ini memukul kelas menengah," jelas dia.
 
Untuk itu, Bustanul menyarankan agar pemerintah perlu lebih serius merancang dan mengembangkan perlindungan kelas menengah ini. Tentu saja desain program berbeda dengan bansos, tapi lebih berupa pemberian insentif yang memadai.
 
"Apalagi jika masih percaya pada prinsip-prinsip ekonomi (pasar) yang objektif. Jika Pemerintah merancang Kartu Prakerja, saya lebih banyak melihatnya sebagai upaya Pemberian insentif tersebut," pungkasnya.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif