Illustrasi. MI/Panca Syaukarni.
Illustrasi. MI/Panca Syaukarni.

Harga Bawang Putih Diklaim Sudah Turun ke Rp35 Ribu/Kg

Ekonomi Bawang Putih
Eko Nordiansyah • 13 Mei 2019 16:28
Jakarta: Pemerintah mengklaim harga bawang putih sudah mengalami penurunan. Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Musdalifah Mahmud mengatakan saat ini harga bawang putih sebesar Rp35 ribu per kilogram (kg).
 
"Alhamdulillah kemarin saya ke pasar, ke ritel harga Rp35 ribu. Dan saya dapat telepon 'Bu, di pasar saya beli Rp32 ribu itu sudah berjalan," kata dia dalam diskusi FMB9 di Kantor Kemenkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin, 13 Mei 2019.
 
Dirinya menambahkan harga bawang putih yang tinggi beberapa waktu lalu sudah diantisipasi dengan cepat oleh Kementerian Perdagangan Kemendag). Dalam hal ini, Kemenko Perekonomian bertugas mengoordinasikan kebijakan antar kementerian.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita pastikan produksi, distribusi, kalau dibutuhkan teknologi pasca panen itu yang kita intervensi lebih jauh. Misalnya butuh distribusi ke sini ke sana itu yang kita komunikasikan dengan sektor logistik," jelas dia.
 
Kemendag sebelumnya mengimbau untuk mempublikasikan harga penjualan bawang putih Rp35 ribu per kg melalui spanduk di setiap gerai/outlet milik anggota Aprindo di seluruh Indonesia. Upaya ini agar dapat diketahui masyarakat bahwa harga bawang putih mulai turun.
 
Sedangkan untuk upaya stabilisasi harga di pasar rakyat, pada 6 Mei 2019 Kemendag juga telah melaksanakan rapat koordinasi dengan para pelaku usaha dan menyepakati harga bawang putih honan/sico di tingkat konsumen sebesar Rp32 ribu per kg.
 
Sejak 18 April 2019, operasi pasar (OP) bawang putih telah dilakukan di beberapa daerah, seperti Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bengkulu, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Lampung, Jambi, dan Riau. Selain itu, OP bawang putih ini akan dijadwalkan di beberapa daerah lainnya. Hingga 7 Mei 2019, OP telah digelontorkan sebanyak 375,8 ton bawang putih di 13 Provinsi tersebut dan memberikan dampak yang positif, yaitu menurunkan harga komoditas ini.

 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif