Gratis, <i>Holding</i> Tambang Berangkatkan 8.000 Pemudik
Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin saat melepas para pemudik (Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami)
Jakarta: PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) memberangkatkan 2.000 peserta mudik gratis di momen Idulfitri 2018. Bahkan, Inalum bersinergi dengan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain yang tergabung dalam Holding Tambang pada mudik kali ini dengan memberangkatkan sebanyak 8.000 orang.

"Satu grup kita berempat yakni Inalum, Antam, Bukit Asam, dan Timah masing-masing 2.000 jadi 8.000 peserta," kata Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin, ditemui usai melepas pemberangkatan pemudik, di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 9 Juni 2018.

Untuk Inalum, kata Budi, ini merupakan yang pertama menggelar mudik gratis bagi para pegawai dan masyarakat di sekitar perusahaan. Mudik bersama tahun ini melewati enam rute yakni Banda Aceh, Pekanbaru, Blangpidie, Panyabungan, Medan, dan Semarang.


Sedangkan untuk rute Jawa, peserta mudik berasal dari masyarakat sekitar kantor Inalum di Jakarta. Rute itu termasuk bagi masyarakat yang bermukim atau bekerja di Jakarta yang menuju Semarang dan Pati dengan titik keberangkatan dari Ancol, Jakarta, hari ini.

Sementara untuk rute Sumatera, diberangkatkan pada 12 Juni dengan titik kumpul dari Tanjung Gading dan keberangkatan pulang kembali dari rute tujuan masing-masing pada 19 Juni. Untuk rute Sumatera, ada satu jalur laut dengan rute dari Batam menuju Medan dengan keberangkatan di 11 Juni.

Moda transportasi yang paling banyak disediakan yakni menggunakan kapal laut karena daerah pekerja berada di luar Jawa, kemudian bus, serta pesawat.

"Kita konsepnya agak berbeda dengan BUMN lain yang terpusat di Jawa (pemberangkatannya) karena mayoritas pegawai dan masyarakat yang diberangkatkan berlokasi di sekitar remote area seperti Pongkor, Tanjung Enim, dan sebagainya. Kalau di remote kan biasanya masyarakat tinggal di situ," jelas Budi.

Adapun fasilitas mudik gratis yang diberikan ini menjatahkan sekitar Rp250 ribu hingga Rp350 ribu per orang meliputi biaya transportasi (untuk bus), makanan ringan, goodie bag berisi t-shirt, makan sahur, dan sebagainya.



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id