NEWSTICKER
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

LPDB KUMKM Diharapkan Cetak Banyak Pengusaha Muda dari Papua

Ekonomi papua kementerian koperasi dan ukm
Nia Deviyana • 19 Februari 2020 17:24
Jakarta: Papua Muda Inspiratif (PMI) antusias terhadap dilakukannya penjajakan rencana kerja sama penyaluran pinjaman modal Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB KUMKM) ke Koperasi Kitorang.
 
Koperasi Kitorang yang berbasis di Kampung Samate, Distrik Salawati Utara, Raja Ampat, Papua Barat ini adalah koperasi yang menghimpun masyarakat asli Papua dan Papua Barat yang berada di bawah payung hukum Perkumpulan Kitorang di bawah PMI.
 
"Kita berharap bisa bersinergi dengan LPDB KUMKM dalam hal permodalan dan kami siap melakukan pelatihan usaha," Staf Khusus Presiden yang juga CEO Papua Muda Inspiratif (PMI) Billy Mambrasar, usai membuka acara Business Bootcamp Roadshow 2020 yang digelar PMI dengan tema "Transformasi Ideas in Action", di Jayapura, seperti dikutip melalui keterangan resminya, Rabu, 19 Februari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Billy menjelaskan, Koperasi Kitorang sudah memproduksi produk alami Papua seperti olahan berbasis sagu, ikan, dan pariwisata berkelanjutan. Penyaluran pinjaman modal usaha itu akan diberikan kepada peserta yang telah mengikuti pelatihan usaha.
 
Pada kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif PMI Neil Aiwoy mengungkapkan, kehadiran Kementerian Koperasi dan UKM melalui LPDB KUMKM memiliki peran yang sangat signifikan bagi pemuda Papua.
 
"Ini akan menjadikan semangat baru bagi pemuda Papua maupun Papua Barat dalam melakukan usaha," ungkapnya.
 
Rebranding koperasi Pemuda yang dilakukan Kemenkop dan UKM ini, kata Neil, sangat sejalan dengan PMI karena basisnya adalah anak-anak muda.
 
"Selama ini masyarakat maupun pemuda Papua tahunya pinjaman modal bank, padahal skema pinjaman pembiayaan LPDB lebih ringan," jelasnya.
 
Menurut Neil, cara meminjam modal dari bank resikonya juga lebih besar. LPDB, menurutnya, juga memiliki resiko tapi ada assessment terkait pengembalian dan ketika dalam satu tahun laporan keuangan belum ada profit maka dia hanya mengembalikan pokok.
 
Dalam pelatihan usaha yang dikemas dalam Business Bootcamp Roadshow 2020 yang digelar 17-19 Februari 2020, materi yang diajarkan terkait enterpreneurship seputar bagaimana memulai bisnis dengan berbasis komunitas anak muda yang ada di Papua dan Papua Barat.
 
Baik Billy maupun Neil berharap, pelatihan usaha yang dilakukan PMI ini akan dapat mencetak pengusaha-pengusaha muda berbakat dari Indonesia bagian timur.
 
PMI berawal dari sebuah gerakan kolaborasi dari anak-anak Muda Papua dan Papua Barat, untuk menginspirasi dan mendorong percepatan pembangunan. PMI didirikan oleh 22 Anak muda berbakat dari tujuh wilayah adat di Tanah Papua. Anak-anak muda tersebut telah memiliki prestasi dan pencapaian di berbagai bidang, mulai dari teknologi, ilmu pengetahuan, seni dan hiburan, bahasa dan budaya, pendidikan, kesehatan dan berbagai bidang lain.
 
PMI juga beranggotakan anak-anak muda asli Papua Diaspora yang ada di seluruh negara, di lima benua di Dunia.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif