Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan delegasi bisnis AS di Istana Merdeka. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan delegasi bisnis AS di Istana Merdeka. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.

Jokowi Ingin AS Garap Proyek Infrastruktur dan SDM

Ekonomi infrastruktur indonesia-as Kualitas SDM
Desi Angriani • 05 Desember 2019 11:37
Jakarta: Presiden Joko Widodo menawarkan delegasi bisnis Amerika Serikat (AS) untuk menggarap proyek infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia di Indonesia. Pasalnya, kerja sama ekonomi Indonesia-AS masih berfokus di sektor perdagangan.
 
"Saya berharap delegasi bisnis AS dapat mengoptimalkan peluang untuk meningkatkan kerja sama ini. Terutama dalam pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia," katanya kepada puluhan delegasi bisnis AS di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 5 Desember 2019.
 
Jokowi menuturkan negara Adidaya itu merupakan mitra dagang terbesar keempat Indonesia. Bahkan kedua negara sudah menyepakati peningkatan volume perdagangan sebesar USD60 miliar hingga 2024.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Investasi AS di Indonesia hampir mencapai USD1,2 miliar," ungkapnya.
 
Jokowi menambahkan investasi AS tidak hanya menguntungkan negara ASEAN tetapi juga mendorong stabilitas dan kemakmuran di Kawasan Indo-Pasifik. Apalagi ketidakpastian global masih memengaruhi pertumbuhan ekonomi negara dunia.
 
Beruntung ekonomi ASEAN tumbuh di atas rata-rata ekonomi global yakni sebesar 5,1 persen. Sementara pertumbuhan ekonomi Indonesia bertengger di level lima persen dalam lima tahun terakhir.
 
"Indonesia dan ASEAN akan berlari lebih cepat untuk mendapatkan pertumbuhan dan pemerataan," tegasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif