Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. MI/BARY FATHAHILAH.
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. MI/BARY FATHAHILAH.

Sejumlah Menteri Ekonomi Siap Bertugas Kembali

Ekonomi kabinet kerja ekonomi indonesia
Desi Angriani • 19 Oktober 2019 07:44
Jakarta: Sejumlah menteri bidang ekonomi mengaku siap bertugas kembali di periode kedua Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Hal itu menyusul pernyataan Jokowi yang masih akan mempertahankan sejumlah menteri dari kabinet sebelumnya.
 
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengaku menunggu arahan Jokowi usai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada 20 Oktober 2019. Adapun selama berganti jabatan, ia tak pernah mendapat isyarat dari Jokowi. Luhut mendadak ditunjuk menjadi Kepala Staf Kepresidenan.
 
Tak lama, ia pun dirotasi ke kursi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan hingga menduduki posisi orang nomor satu di Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya kira tunggu saja arahan Presiden karena tiga jabatan saya enggak pernah dikasih tahu," katanya saat ditemui di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 18 Oktober 2019.
 
Serupa, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muldjono mengaku siap melanjutkan pembangunan infrastruktur lima tahun mendatang jika diminta oleh Jokowi. Saat ini, Basuki mengaku belum mendapat gambaran maupun isyarat untuk melanjutkan tugas.
 
Ia menunggu segala keputusan dan perintah Presiden. "Itu prerogatif Presiden ya. Kalau itu perintah ya saya laksanakan," ucap Basuki di tempat yang sama.
 
Sementara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto tampak sumringah saat ditanya terkait kemungkinannya mengisi posisi Menteri Koordinator bidang Perekonomian. Meski enggan berkomentar, ia menyebut pemilihan anggota kabinet menjadi hak prerogatif Presiden.
 
"Kalau itu no comment. Hak prerogatif Presiden. Kita menunggu arahan Pak Presiden," tegas dia.
 
Adapun Presiden Joko Widodo memastikan jumlah anggota kabinet periode kedua akan sama dengan Kabinet Kerja sebelumnya. Kabinet Kerja terdiri dari empat menteri koordinator dan 30 menteri. Komposisi Kabinet Kerja jilid II akan banyak diisi muka baru. Kendati demikian, beberapa menteri pada periode pertama dipertahankan.
 
Soal persentase berapa muka baru dan muka lama, Jokowi belum menghitungnya. Terkait nomenklatur kementerian juga sudah rampung disusun. Jokowi menyebut bakal ada nomenklatur baru dalam Kabinet Kerja selanjutnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif