Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso. (FOTO: ANTARA/Sigid Kurniawan)
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso. (FOTO: ANTARA/Sigid Kurniawan)

Literasi Keuangan Syariah Harus Digencarkan ke Masyarakat

Ekonomi sertifikasi halal Masyarakat Ekonomi Syariah Sertifikat Halal
Dian Ihsan Siregar • 24 Maret 2018 20:09
Jakarta: Pergerakan industri keuangan syariah‎ masih sangat lambat. Maka itu literasi keuangan syariah harus digencarkan kepada masyarakat demi industri keuangan syariah semakin berkembang.
 
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan tingkat pemahaman masyarakat Indonesia terhadap produk jasa keuangan syariah menjadi faktor yang sangat penting dalam mendorong perkembangan keuangan syariah di Indonesia.
 
Hasil survei OJK pada 2016, tingkat literasi dan inklusi masyarakat terhadap produk keuangan syariah masih rendah, yaitu baru sebesar 8,11 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


‎"Makanya ini pekerjaan rumah yang besar untuk kita semua," ungkap di ditemui dalam acara 'Rapat Kerja dan Pelantikan Pengurus MES' di Plaza Mandiri, Jakarta, Sabtu, 24 Maret 2018.
 
‎Dia menuturkan Indonesia memiliki masyarakat yang mayoritas agamanya Islam. Maka dari itu, industri keuangan syariah perlu digencarkan sebaik mungkin.
 
Namun demikian, Wimboh mengaku industri keuangan syariah pertumbuhannya terbilang pesat. Dengan demikian hal ini membuat dirinya optimistis lebih baik lagi ke depannya. ‎Sebagaimana diketahui total aset keuangan syariah mencapai Rp1.133,23 triliun. Angka itu tumbuh 23 persen, lebih baik daripada keuangan konvensional.
 
‎Bukan hanya itu, total aset industri keuangan non-bank syariah juga naik dua kali lipat dalam lima tahun terakhir. Lalu‎, sektor riil berbasis syariah juga mulai tumbuh pesat.
 
Namun, Wimboh belum puas dengan pencapaian tersebut. Sebab, pertumbuhan keuangan syariah belum optimal. "Karena, masih belum kokoh dalam hadapi tekanan eksternal," pungkas Wimboh.‎
 
 
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif