Presiden Jokowi. MI/Ramdani.
Presiden Jokowi. MI/Ramdani.

Jokowi Ingin Operasi Pasar Ditambah untuk Beras

Ekonomi jokowi beras operasi pasar
Ilham wibowo • 27 Desember 2018 20:12
Jakarta: Pemerintah segera merespon keluhan masyarakat terkait kenaikan harga beras jenis medium. Presiden sudah meminta operasi pasar tambahan untuk pasokan beras.
 
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan harga beras medium mengalami kenaikan selama Desember 2018. Kondisi ini sempat dibahas dalam rapat terbatas bersama Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri ESDM Ignasius Jonan, dan Kepala Bulog Budi Waseso.
 
"Presiden mengecek, 'kok saya dengar harga beras naik?' Ya sudah kita ngobrolin itu. Ya memang harga beras naik sedikit, bulan ini," ungkap Darmin ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis, 27 Desember 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Darmin, kenaikan harga beras yang terjadi masih tergolong kecil. Meski demikian kondisi ini tetap menjadi perhatian pemerintah untuk segera ditanggulangi terutama jelang perayaan pergantian tahun.
 
"Ya kalau beras medium kayaknya naiknya 0,4 persen, sedikit kan artinya Rp45 rupiah dalam satu kilogram. Yang premium naiknya hanya 0,04 persen, ya memang naik tapi kecil," paparnya.
 
Dalam ratas itu, Presiden Jokowi menanyai ihwal upaya yang dilakukan Bulog dalam operasi pasar. Kemampuan Bulog yang selama ini hanya mampu menyebar beras 2.400 ton per hari diminta ditingkatkan secara signifikan.
 
"Kira-kira 2.400 ton operasi pasar per hari. Presiden bilang; 'naikkan deh supaya harganya balik lagi, ke harga sebelumnya.' Nanti saya cek, lihat Bulog seperti apa sih operasi pasar," ucap Darmin.
 
Darmin meyakini Bulog bisa menyanggupi berapa pun beras yang perlu disalurkan kepada masyarakat. Harapannya, dengan kehadiran oprasi pasar ini harga beras di tingkat pengecer bisa menjadi normal kembali.
 
"Bulog stok sangat banyak, mungkin mendekati 3 juta ton, jadi cuma operasi pasar 6 ribu, 10 ribu, 15 ribu ton sehari tidak ada masalah. Intinya adalah presiden ingin supaya harganya dibalikkan dong ke sebelum naik di bulan ini, silahkan operasi pasar, nanti saya cek," pungkasnya.
 


 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi