Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)

Jelang Lebaran, Tiket Kereta Api Sudah Terjual 57%

Ekonomi tiket kereta api Ramadan 2019
Nia Deviyana • 13 Mei 2019 15:39
Jakarta: Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengatakan hingga saat ini tiket kereta api yang sudah terjual sebesar 57 persen. Tiket tersebut mencakup arus mudik maupun arus balik.
 
"Tiket sampai hari ini sudah terjual 57 persen, tentu akan bergerak terus karena arus balik belum banyak yang beli. Khususnya pada H+5," ujar Edi saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Pusat, Senin, 13 Mei 2019.
 
Edi mengingatkan kepada calon penumpang untuk segera membeli tiket, terutama untuk rute-rute favorit seperti Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Yogya yang cenderung lebih cepat habis.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu daerah-daerah favorit yang begitu dibuka penjualan H-90 sudah diserbu. Makanya kita menambahkan 50 perjalanan dengan kereta api tambahan ke rute-rute tersebut," imbuhnya.
 
Adapun tambahan 50 kereta terdiri dari 27 kereta eksekutif dan bisnis, 11 ekonomi non PSO, 4 ekonomi PSO, dan delapan kereta yang memanfaatkan rangkaian idle.
 
Pada tahun ini Edi memprediksi ada kenaikan jumlah penumpang, dengan estimasi total sekitar 6,4 juta penumpang. Peningkatan ini, meski tidak terlalu signifikan, ada kemungkinan dipicu mahalnya tiket pesawat sehingga beberapa pemudik beralih moda transportasi.
 
"Peningkatan penumpang kereta api pada tahun ini jika dibandingkan dengan tahun lalu sekitar 3-5 persen," tuturnya.
 
Edi memastikan untuk menjaga kelancaran arus mudik dan arus balik pihaknya telah melakukan inspeksi ke berbagai stasiun-stasiun. Bersamaan dengan itu, PT KAI juga mengawasi titik-titik yang dianggap rawan untuk dijaga.
 
"Jadi pada jalur-jalur perlintasan baik yang rawan banjir, rawan longsor, rawan amblas, sudah kami kerahkan personil untuk memeriksa dan mengawasi selama proses arus mudik," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif