Ilustrasi Pulau Komodo. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
Ilustrasi Pulau Komodo. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.

Tiket Masuk Pulau Komodo Rp14 Juta/Tahun Diputuskan 2020

Ekonomi bea cukai Labuan Bajo
Desi Angriani • 15 November 2019 15:10
Labuan Bajo: Pemerintah bakal memutuskan tiket masuk ke Taman Nasional Komodo sebesar USD1.000 per tahun atau setara Rp14 juta pada penghujung 2020. Kebijakan tersebut mengharuskan wisatawan memiliki kartu anggota premium bila ingin memasuki kawasan Labuan Bajo.
 
"Detailnya seperti apa baru dibahas Januari 2020, tim dibentuk Menteri LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) dengan SK (Surat Keputusan). Hasilnya seperti apa baru ketahuan mungkin akhir 2020, tapi belum ada jadwal," ujar Kepala Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina Sukarsono, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat, 15 November 2019.
 
Menurutnya, kebijakan tersebut dapat menutupi kekurangan biaya perawatan Taman Nasional Komodo yang mencapai Rp129 miliar per tahun. Sebab, pemerintah dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) hanya menganggarkan biaya perawatan sebesar Rp33 miliar.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun demikian, pelancong yang tidak memiliki kartu anggota premium masih bisa melihat Komodo melalui Pulau Rinca. Kedua pulau ini berada di dalam Taman Nasional Komodo (TNK). Saat ini, tiket masuk ke Pulau Komodo untuk wisawatan domestik sebesar Rp75 ribu per hari per orang dan wisatawan asing Rp250 ribu per orang.
 
"Yang jelas tidak ada hanya untuk masyarakat tertentu, nanti dibahas lagi spotnya. Rinca kan untuk semua kalangan, yang eksklusif itu Pulau Komodo, tapi eksklusif modelnya seperti apa belum dijelaskan," jelas dia.
 
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya mengatakan konsep eksklusif Taman Nasional Komodo menetapkan harga tiket masuk ke Pulau Komodo seharga Rp14 juta per orang dalam bentuk membership tahunan yang bersifat premium.
 
"Pulau Komodo itu tidak ditutup, kita mau kelola dengan baik, (pulau) yang lain kita atur dan tata jadi wisata eksklusif," katanya Rabu, 2 Oktober 2019 lalu.
 
Berdasarkan Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2014 dan Keputusan Dirjen PHKA Nomor: SK.133/IV-SET/2014 tiket masuk ke Taman Nasional Komodo sebesar Rp150 ribu untuk wisatawan mancanegara dan Rp5.000 untuk wisatawan domestik. Harga tersebut berlaku untuk per orang per hari.
 
Sedangkan, tiket masuk rombongan pelajar/mahasiswa minimal 10 orang yakni sebesar Rp100 ribu untuk wisatawan mancanegara dan Rp3.000 untuk wisatawan domestik berlaku per orang per hari. Jika dibandingkan dengan harga kenaikan yang dicanangkan Pemprov NTT, tentu sangat besar jumlahnya.
 
Di Taman Nasional Komodo juga diberlakukan tarif-tarif aktivitas wisata yang harganya berlaku sama pada wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik. Beberapa contohnya seperti trekking sebesar Rp5.000 per orang, Rp10 ribu pengamatan kehidupan liar, Rp25 ribu untuk scuba diving, Rp15 ribu untuk snorkeling,Rp25 ribu untuk main kano, dan Rp25 ribu untuk memancing.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif