Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi (kedua dari kanan). (FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin)
Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi (kedua dari kanan). (FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin)

BI Tambah Titik Penukaran Uang Jelang Lebaran

Ekonomi bank indonesia penukaran uang
Husen Miftahudin • 17 Mei 2019 11:20
Jakarta: Bank Indonesia (BI) menambah jumlah titik penukaran uang untuk kebutuhan Lebaran, dari 2.895 menjadi 2.941 titik. Teranyar, Kepulauan Riau meminta tambahan 46 titik penukaran uang tunai baru jelang Lebaran tersebut.
 
"Ini ada kenaikan, kalau tahun lalu ada 1.776 titik. Sekarang kita tingkatkan jadi 2.941 titik se-Indonesia," kata Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi saat melakukan kunjungan kegiatan pelayanan penukaran uang di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Jumat, 17 Mei 2019.
 
Rosmaya bilang, peningkatan jumlah titik tersebut karena bank sentral ingin menghapuskan kegiatan-kegiatan orang tak bertanggung jawab dari kebutuhan masyarakat terhadap uang baru menjelang Lebaran. Ia pun mengimbau agar masyarakat menukar uang di tempat penukaran resmi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jangan (menukar uang) di pinggir jalan, (tukar) Rp100 ribu jadi Rp100 ribu lebih, kita sebut mereka penjual uang. Saya mengimbau kepada masyarakat, tukarlah uang itu di tempat-tempat resmi penukaran perbankan dan juga yang ditetapkan BI melalui kas keliling dan kas titipan," ungkap Rosmaya.
 
Selama Ramadan hingga Lebaran, Bank Indonesia telah menyiapkan uang tunai baru sebanyak Rp217,1 triliun. Dari jumlah tersebut, sebanyak Rp197,2 triliun berupa pecahan besar (Rp20 ribu ke atas) dan Rp19,2 triliun merupkan pecahan kecil (Rp20 ribu ke bawah).
 
Berdasarkan wilayah, uang tunai baru yang disebar BI terdiri dari Rp84 triliun untuk wilayah Jawa non Jabodetabek. Kemudian sebanyak Rp51,4 triliun untuk wilayah Jabodetabek.
 
"Sementara wilayah Sumatera disiapkan sebanyak Rp41,2 triliun. Sedangkan timur Indonesia Rp40,4 triliun. Itu pembagian secara Indonesia," pungkas Rosmaya.
 

(AHL)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif