Ilustrasi (Foto: Media Indonesia)
Ilustrasi (Foto: Media Indonesia)

Pemerintah Yakin Maskapai Taat Sediakan Tarif Murah

Ekonomi bisnis maskapai pesawat penerbangan Tarif Tiket Pesawat
Eko Nordiansyah • 11 Juli 2019 06:02
Jakarta: Pemerintah meyakini maskapai berbiaya murah atau Low Cost Carrier (LCC) akan menaati ketentuan untuk menyediakan tarif murah. Apalagi seluruh pihak yang terkait menentukan harga tiket pesawat telah bersedia berbagi beban agar bisa menyediakan tarif lebih murah.
 
Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan tak perlu ada aturan khusus agar maskapai menyediakan tiket murah sebagaimana yang disepakati bersama. Terlebih regulator bakal mengawasi secara ketat apakah maskapai benar-benar menjalankan aturan tersebut.
 
"Jangan salah, kebijakan kalau tidak ada law enforcement tidak jalan, kan ada Ditjen Perhubungan agar diikuti BUMN. Jadi sudah ada regulatornya. Jadi harus comply di situ," kata dia di Gedung Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu, 10 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan pemerintah akan secara berkala melakukan pengawasan soal ketentuan tarif murah di waktu tertentu. Bahkan evaluasi atas kebijakan ini akan dilakukan setiap sebulan sekali, sementara evaluasi teknisnya bakal dibahas setiap seminggu sekali.
 
"Evaluasi teknis kita sepakat seminggu sekali setiap Jumat siang. Harga avtur kan sebulan dua kali (dievaluasi Pertamina), karena itu bagaimana nanti model perhitungannya itu lah untuk kebijakan ini kami putuskan evaluasinya sebulan sekali," jelas dia.
 
Tak hanya itu, pemerintah juga akan mengawasi apakah maskapai benar-benar menyediakan tarif murah untuk 30 persen dari total kursi yang ada. Dirinya mengingatkan agar maskapai tak main-main dalam memberikan jatah tiket murah sesuai kesepatan yang telah disepakati bersama.
 
"Itu harus kita cek, jangan baru 30 kursi sudah dihentikan. tetap wajib memenuhi 30 persen tadi. Jangan sampai 30 persen diblok atau diambil dulu karena ada acara. Makanya butuh mekanisme pengawasan distribusi penjualan tiket, kita yakin tidak ada yang menyalahgunakan itu," pungkasnya.
 
Pemerintah sebelumnya menetapkan untuk tarif tiket pesawat 50 persen dari Tarif Batas Atas (TBA) untuk maskapai LCC. Aturan ini berlaku di rute tertentu pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu antara pukul 10.00-14.00 waktu setempat.
 
Maskapai Citilink telah berkomitmen menyediakan tarif murah di 62 rute domestik, dengan alokasi sekitar 3.348 kursi. Sementara untuk Lion Air, ada 146 rute yang akan dikenakan tarif tiket lebih murah dari biasanya atau sekitar 8.278 kursi yang mendapatkan diskon.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif