Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami.
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami.

Erick Thohir Kantongi Nama Dirut Baru Mandiri

Ekonomi bank mandiri
Suci Sedya Utami • 05 November 2019 12:12
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan telah mengantongi nama yang akan menduduki jabatan Direktur Utama Bank Mandiri definitif. Namun nama tersebut bakal diumumkan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) bank pelat merah tersebut bulan depan.
 
"Dirut Mandiri sudah putus, kita tunggu saja di RUPS 8 Desember," kata Erick ditemui di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa, 5 November 2019.
 
Erick pun memastikan bahwa calon pengganti Kartika Wirjoatmodjo sebagai Direktur Utama (Dirut) Bank Mandiri berasal dari internal Bank Mandiri. Namun, sosok internal yang dimaksud bukan berarti sosok yang masih menjabat. Bisa saja merupakan bankir yang pernah berkarier di Bank Mandiri.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang pasti bekas lulusan atau masih orang Bank Mandiri," ujar Erick.
 
Saat ini banyak bankir eks Mandiri yang menduduki posisi strategis di BUMN lain. Misalnya saja Sunarso, eks Direktur Commercial and Bussines Banking Bank Mandiri yang kini menjabat sebagai Dirut Bank Rakyat Indonesia.
 
Selain itu, Pahala N Mansuri, Direktur Keuangan Pertamina saat ini, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Finance and Strategy Bank Mandiri. Juga ada nama Nixon P Napitupulu yang merupakan Direktur Keuangan di BTN saat ini. Lalu mantan Dirut BTN Maryono yang pernah berkarier di Bank Mandiri sebelum menjadi Dirut Bank Mutiara Tbk.
 
Saat ini posisi Plt Dirut Bank Mandiri dijabat Sulaiman Arif Arianto yang merupakan bankir senior asal Bank Rakyat Indonesia (BRI). Sulaiman bergabung dan menjabat Wakil Dirut Bank Mandiri sejak Maret 2015.
 
Dengan mengikuti alur pernyataan Erick, nama-nama itu bisa jadi merupakan salah satu calon Dirut Bank Mandiri.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif