NEWSTICKER
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)

Perbankan tak Terpengaruh Pelemahan Rupiah

Ekonomi ojk perbankan rupiah melemah kssk
Eko Nordiansyah • 01 Mei 2018 11:01
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut pelemahan mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) tak memengaruhi perbankan nasional. Bahkan ketika dilakukan uji ketahanan atau stress test pada perbankan dengan level rupiah tertentu.
 
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan daya tahan perbankan relatif baik dalam uji ketahanan yang dilakukan. Tekanan terhadap rupiah yang disebabkan oleh kondisi global ternyata bisa diantisipasi dengan baik oleh bank-bank di Indonesia.
 
"OJK telah melakukan stress test terhadap perbankan dari berbagai faktor, termasuk nilai tukar rupiah dan hasilnya perbankan kita masih menunjukkan daya tahan yang baik," kata dia di Gedung BI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin, 30 April 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara permodalan, dirinya menambahkan, kondisi perbankan tetap akan baik meskipun rupiah mengalami pelemahan terhadap dolar AS. Hal ini tercermin dari rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) yang tetap dalam level yang aman.
 
"Dengan stress test ini permodalan perbankan relatif tinggi dengan negara lain. Stress test kita (permodalan) tetap kuat 22 persen dengan berbagai skenario. Nilai tukar berapa pun enggak berdampak ke permodalan perbankan," jelas dia.
 
Di sisi lain, kondisi likuiditas perbankan tetap aman bahkan Wimboh menilainya bisa berlebihan (overliquid). Bahkan stress test terkait surat berharga perbankan jika imbal hasil atau yield naik tinggi dan surat berharga turun juga tidak berdampak signifikan.
 
"Ini mendukung pertumbuhan kredit hingga 20 persen, ini pertumbuhan kredit bisa 15 bahkan sampai 20 persen. Selanjutnya stress test surat berharga yield naik, surat utang turun, ternyata yield enggak masalah," pungkasnya.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif