Menteri PUPR Basuki Basuki Hadimuljono (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)
Menteri PUPR Basuki Basuki Hadimuljono (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)

Pemerintah Rogoh Rp465 Miliar Percantik Masjid Istiqlal

Ekonomi masjid kementerian pekerjaan umum
Annisa ayu artanti • 16 Mei 2019 10:26
Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) mengalokasikan anggaran Rp465 miliar untuk merenovasi besar-besaran Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Alokasi anggaran untuk renovasi tersebut masuk dalam Anggaran Pendatapan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian PUPR 2019-2020.
 
"Anggarannya Rp465 miliar. APBN Kementerian PUPR 2019-2020," kata Menteri PUPR Basuki Basuki Hadimuljono, di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.
 
Basuki menjelaskan urgensi dari pembangunan masjid nasional ini lantaran tidak pernah ada renovasi sebelumnya semenjak masjid berdiri pada 1978. Saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Perdana Menteri India Narendra Modi mengunjungi Masjid Istiqlal pada Ramadan tahun lalu, Jokowi menilai sudah saatnya direnovasi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat itu, Jokowi langsung mengamanatkan kepada Basuki, sebagai Menteri PUPR untuk melaksanakan renovasi Masjid Istiqlal tersebut. "Ini masjid sudah 40 tahun. Jadi saat mengantar Perdana Menteri India, dia terkejut ternyata kondisinya sangat tidak baik," ucap Basuki.
 
Kemudian, lanjut Basuki, setelah lebih dari satu tahun amanah Jokowi, dilakukan penandatangan kontrak kegiatan renovasi Masjid Istiqlal. Menurutnya dengan adanya penandatangan kontrak hari ini akan mempercepat renovasi masjid.
 
"Dengan penandatanganan kontrak ini gaspol," ungkap Basuki.
 
Renovasi masjid yang letaknya berdekatan dengan Gereja Katedral Jakarta ini akan berlangsung selama 10 bulan ke depan. Basuki berharap Maret tahun depan seluruh renovasi ini bisa selesai. Adapun kontraktor yang akan melaksanakan kegiatan renovasi Masjid Istiqlal adalah PT Waskita Karya Tbk dengan manajemen kontruksi PT Virama Karya.
 

(ABD)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif