Demi Stabilitas, Alasan Pembatalan Kenaikan Cukai Rokok

Dheri Agriesta 06 November 2018 20:34 WIB
cukai rokok palsu
Demi Stabilitas, Alasan Pembatalan Kenaikan Cukai Rokok
Wapres JK. MI/Bary.
Jakarta: Pemerintah membatalkan kenaikan cukai rokok pada 2019. Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai pembatalan kenaikan cukai rokok berhubungan dengan stabilitas politik jelang pemilu.

"Hampir semua dapat dikatakan bahwa menjelang pemilu kita harus menjaga stabilitas," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa, 6 November 2018.

Kalla mengatakan hal ini biasa dilakukan pemerintahan manapun. Pemerintah era sebelumnya juga tak pernah menaikkan harga apapun menjelang pemilu.

"BBM tidak naik, listrik tidak naik, pajak tidak naik, biasanya enam bulan sebelum pemilu enggak ada itu pergerakan, demi stabilitas supaya jangan ribut masyarakat," jelas Kalla.

Sebelumnya Pemerintah memutuskan tidak menaikkan pajak cukai rokok pada 2019. Kebijakan itu diputuskan dalam rapat kabinet yang digelar Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat lalu.

"Mendengar seluruh evaluasi dan masukan dari sidang kabinet, maka kami memutuskan bahwa tidak akan ada perubahan atau kenaikan cukai pada 2019. Kita akan menggunakan tingkat cukai yang ada sampai dengan 2018 ini," ujar Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya pemerintah berencana menaikkan cukai rokok 2019. Paling cepat, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) dikeluarkan pada Oktober 2018.





(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id