NEWSTICKER
Human Resources Director BAT Indonesia Widyo Rulyantoko (tiga dari kanan). Foto: dok BAT Indonesia.
Human Resources Director BAT Indonesia Widyo Rulyantoko (tiga dari kanan). Foto: dok BAT Indonesia.

BAT Indonesia Sokong Pengembangan Kualitas SDM

Ekonomi bentoel group Kualitas SDM
Ade Hapsari Lestarini • 05 Desember 2019 10:46
Jakarta: PT British American Tobacco Indonesia (Bentoel Group) berkomitmen untuk terus mengembangkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Hal ini sejalan dengan prioritas Presiden Joko Widodo yang menyebutkan bahwa pembangunan SDM menjadi salah satu prioritas Pemerintah dalam lima tahun ke depan.
 
BAT Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung program Pemerintah dalam pengembangan SDM, salah satunya melalui program "Battle of Minds" (BOM).
 
"Program BOM merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh British American Tobacco Group secara global dan diikuti oleh 39 negara di seluruh dunia. BOM mengundang para mahasiswa dan lulusan baru perguruan tinggi (fresh graduate) untuk memberikan ide dan inovasi bisnis terbaik mereka dalam menyelesaikan suatu permasalahan industri," kata Human Resources Director BAT Indonesia Widyo Rulyantoko, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 5 Desember 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Widyo menjelaskan, tiga orang pemenang terbaik dari Indonesia akan mendapatkan kesempatan untuk menjalani kegiatan magang (internship) di BAT Indonesia dan mewakili BAT Indonesia di kompetisi BOM tingkal regional dan global.
 
"BOM merupakan salah satu program unggulan dari BAT Indonesia untuk mendukung program Pemerintah dalam peningkatan kualitas SDM. Dengan mengikuti BOM, peserta memperoleh kesempatan untuk berinteraksi dengan dunia kerja utamanya lingkungan perusahaan multinasional serta mendapatkan inspirasi tentang bagaimana membangun karier selepas dari perguruan tinggi," imbuhnya.
 
Melalui BOM, BAT Indonesia juga telah memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mengunjungi kantor BAT Indonesia di Jakarta pada 14 Oktober 2019 untuk merasakan langsung atmosfir dan lingkungan dalam dunia kerja. Ada 34 peserta yang mengikuti acara ini dan berkesempatan untuk bertemu dengan anggota direksi, mendapatkan mentoring dari para senior manager Perusahaan serta mendapatkan pelatihan tentang Effective Presentation dari seorang profesional trainer.
 
Widyo menambahkan nantinya ketiga pemenang dalam final Battle of Minds Indonesia akan membentuk satu tim untuk maju mewakili Indonesia dalam kompetisi di tingkat Regional Asia Pasifik dan Timur Tengah. Dalam proses persiapan menuju kompetisi regional dan global, mereka akan digembleng langsung oleh anggota Direksi serta senior manager Perusahaan dalam mengembangkan ide bisnis mereka untuk mencapai standar profesional tingkat dunia.
 
"Hal ini merupakan bukti komitmen BAT Indonesia dalam mengembangkan potensi SDM di Indonesia, terutama para calon profesional muda masa depan. Selanjutnya, saat mewakili Indonesia di tingkat regional dan global, mereka juga akan berkesempatan untuk bersaing dengan para peserta terbaik dari berbagai negara, sembari memperluas wawasan dan jejaring mereka, yang akan membantu mereka dalam memperoleh kesuksesan karier di masa depan," katanya.
 
Menurut Widyo, SDM adalah salah satu aset yang paling penting dalam perusahaan. Oleh karena itu, Perusahaan terus berkomitmen untuk mengembangkan SDM-nya melalui berbagai pelatihan internal dan eksternal serta program penugasan internasional (international assignment). Selain pelatihan dan penugasan internasional, investasi tersebut juga diwujudkan dalam bentuk promosi internal serta rekrutmen.
 
"Kami percaya bahwa karyawan merupakan salah satu aset yang paling berharga bagi BAT Indonesia. Melalui berbagai pelatihan dan penugasan internasional tersebut, Perusahaan berharap dapat meningkatkan kapasitas SDM Indonesia yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi bagi pengembangan Perusahaan dan pembangunan SDM di Indonesia," jelasnya.
 
Selama 2019, perusahaan telah melakukan lebih dari 2.000 jam pelatihan internal dan eksternal kepada karyawan yang meliputi pelatihan kepemimpinan, pelatihan presentasi, pelatihan kompetensi bidang keahlian, dan lain-lain. Selain itu, sebanyak sembilan manager BAT Indonesia saat ini menjalani penugasan internasional di berbagai anak perusahaan BAT di seluruh dunia seperti Inggris, Jepang, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Vietnam, Singapura, Hong Kong, dan Malaysia; untuk pelatihan dan pengembangan selama satu tahun atau lebih.
 
Di tingkat yang lebih junior, puluhan teknisi, operator pabrik dan ahli pertembakauan yang berbasis di Malang dan Lombok telah mengikuti pelatihan dan alih pengetahuan di Pakistan, Bangladesh, Myanmar, Brasil, Chili, Nigeria, Belanda, Fiji, dan Turki.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif