Menteri Perhubungan Budi Karya. FOTO: dok Kemenhub.
Menteri Perhubungan Budi Karya. FOTO: dok Kemenhub.

Menhub Sampaikan Dokumen Pengesahan Konvensi Internasional IMO

Ekonomi bpk kementerian perhubungan
Husen Miftahudin • 29 November 2019 20:08
London: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menemui Sekretaris Jenderal International Maritime Organization (IMO) Kitack Lim menjelang pemilihan Anggota Dewan IMO kategori C 2020-2021 serta pemilihan Auditor Eksternal IMO periode 2020-2023. Indonesia ikut serta dalam kedua pencalonan ini, untuk Auditor Eksternal IMO diwakilkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
 
Dalam pertemuan ini, Menhub Budi menyampaikan dokumen pengesahan Konvensi Internasional IMO tentang Standar Pelatihan, Sertifikasi, dan Dinas Jaga bagi Awak Kapal Penangkap Ikan (IMO International Convention on Standards of Training, Certification, and Watchkeeping for Fishing Vessel Personnel, 1995 atau STCW-F). STCW-F 1995 mulai berlaku secara internasional pada 29 September 2012.
 
Melalui keanggotaan di dewan IMO, sebut Budi, Indonesia bisa terus bekerja sama dengan anggota IMO yang lain dalam upaya menciptakan pelayaran yang berwawasan lingkungan dengan mengurangi pencemaran udara dan dampaknya bagi lingkungan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Upaya ini antara lain dapat dilaksanakan dengan cara mengoperasikan eco-park, memodernisasikan armada kapal, serta memperbaiki pengawasan lingkungan terhadap armada pelayaran," ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 29 November 2019.
 
Dalam pertemuan itu Budi dan Lim juga membahas peningkatan kompetensi SDM Indonesia di bidang maritim. Turut hadir mendampingi Menhub, Dirjen Perhubungan Laut, Dirjen Perikanan Tangkap KKP, Wakil ketua BPK, Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Inggris dan Irlandia.
 
Indonesia bersama dengan Italia dan Inggris menjadi kandidat eksternal auditor IMO untuk periode 2020-2023. Adapun eksternal auditor IMO yang saat ini dipegang oleh Ghana akan berakhir pada tahun ini setelah tiga tahun melaksanakan tugasnya.
 
Agenda pencalonan External Auditor IMO periode 2020-2023 merupakan satu rangkaian dengan pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan IMO Kategori C periode 2020-2021.
 
"Indonesia menominasikan BPK untuk menjadi external auditor IMO yang siap berkomitmen untuk memberikan jasa audit yang berkualitas tinggi dan cost-efficient bagi IMO," jelas Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono.
 
Agus bilang, Indonesia mengusulkan BPK kepada IMO untuk menjadi External Auditor berdasarkan pengalaman bergengsi BPK menjadi Auditor Eksternal bagi Badan Energi Atom Internasional (IAEA) pada periode 2016-2018, 2018-2019, dan 2019-2021. Pengajuan BPK sebagai Eksternal Auditor IMO ini selain untuk menunjukkan profesionalitas sekaligus untuk mendukung politik bebas aktif Indonesia.
 
"Apabila terpilih, selain mengaudit IMO, BPK juga akan mengaudit institusi pendidikan di bawah IMO, yakni WMU dan IMLI," ungkapnya.
 
Selain menawarkan profesionalitas, BPK juga menawarkan efisiensi harga yang bisa menjadi pertimbangan lebih bagi IMO untuk dapat memilih BPK menjadi Eksternal Auditor IMO. "Jasa audit yang ditawarkan oleh BPK bukan hanya financial audit, namun juga performance audit yang tidak ditawarkan oleh negara lain. Selain itu, BPK juga menawarkan fee yang lebih rendah, sehingga tentunya dapat menjadi pertimbangan dari sisi efficiency expense," tegas Agus.
 
Keseriusan Indonesia mencalonan BPK sebagai External Auditor IMO periode 2020-2023 terlihat dengan adanya serangkaian kegiatan nasional maupun internasional dengan melakukan lobi di berbagai kesempatan seperti Resepsi Diplomatik di Jakarta dan London serta Coffee Break yang dilakukan di sela-sela penyelenggaraan Sidang IMO di London, Inggris.
 
"Jika nanti BPK menjadi External Auditor IMO maka tentunya menunjukan eksistensi Indonesia dalam kancah maritim internasional yang diperhitungkan oleh negara-negara maritim di dunia," tutup Agus.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif