Gaet Bank Sampoerna, BJB Salurkan Kredit Rp1 Triliun ke UMKM. (FOTO: Medcom.id/Dian Ihsan)
Gaet Bank Sampoerna, BJB Salurkan Kredit Rp1 Triliun ke UMKM. (FOTO: Medcom.id/Dian Ihsan)

Gaet Bank Sampoerna, BJB Salurkan Kredit Rp1 Triliun ke UMKM

Ekonomi bjb
Dian Ihsan Siregar • 26 Februari 2018 18:16
Jakarta: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) bersama PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) bekerja sama meningkatkan pemberdayaan UMKM. Kedua belah pihak bersinergi dalam pemberian dan pengelolaan pinjaman pada UMKM.
 
Menurut Direktur Mikro BJB Agus Gunawan, kerja sama ini merupakan komitmen untuk mendukung pembiayaan ke UMKM yang dilakukan oleh Bank Sampoerna. Paling tidak dana yang disiapkan BJB untuk mendukung UMKM dalam kerja sama ini sebesar Rp1 triliun.
 
"Kerja sama ini merupakan bentuk komitmen kedua bank dalam upaya meningkatkan pelayanan‎ bagi masyarakat, khususnya pengusaha UMKM. Selain itu, kolaborasi ini diharapkan kian memperkokoh peran dan fungsi masing-masing bank dalam upaya menyejahterakan masyarakat Indonesia," kata Agus, ditemui saat serah terima akta perjanjian kerja sama BJB dan Bank Sampoerna terkait UMKM di Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Senin, 26 Februari 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agus melanjutkan, hal ini sebagai wujud komitmen BJB dalam mewujudkan visi menjadi 10 bank terbesar dan bekinerja baik di Indonesia, salah satunya dengan menjalin kemitraan dengan Bank Sampoerna.
 
"Selain itu adanya kesamaan fokus bisnis seperti pembiayaan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah serta keinginan untuk memberdayakan masyarakat," jelas Agus.
 
Di tempat yang sama, Direktur Utama Bank Sampoerna Ali Rukmijah menyatakan kerja sama ini merupakan awal dari kerja sama yang berkelanjutan antara Bank Sampoerna dalam mendukung masyarakat di sektor UMKM. Kerja sama keduanya merupakan penyediaan pendanaan dan pengelolaan pinjaman yang disalurkan.
 
"Dengan ini bank Sampoerna akan dapat menyalurkan lebih banyak pinjaman kepada sektor UMKM," ‎jelas dia.
 
Sepanjang 2017, kredit UMKM yang disalurkan BJB sebesar 21 persen. Sedangkan secara bank-wide, komposisi kredit UMKM dibandingkan dengan total kredit BJB sebesar 17,1 persen, atau di atas ketentuan Bank Indonesia (BI). Di mana pada 2017 komposisi kredit UMKM perbankan minimal 15 persen.
 
Pada kurun waktu yang sama, kredit ke sektor UMKM yang disalurkan Bank ‎Sampoerna tumbuh sebesar 23 persen. Kredit ke sektor UMKM ini membentuk 77,9 persen dari keseluruhan pinjaman yang disalurkan hingga akhir 2017.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif