Lombok Perbanyak Rute Penerbangan Internasional
Gubernur NTB Zulkieflimansyah (jaket hijau). Foto Ist
Lombok: Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat berupaya memperbanyak penerbangan internasional. Tujuannya, meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke destinasi wisata di Pulau Lombok dan Sumbawa.
 
Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengaku telah melakukan kesepakatan dengan Air Asia Indonesia untuk menambah frekuensi penerbangan Kuala Lumpur-Lombok dan membuka rute baru Perth (Australia)-Lombok. "Semua mulai bulan Februari 2019," kata Zulkieflimansyah dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 23 November 2018.
 
Zul mengungkapkan, penambahan frekuensi penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Lombok akan mempercepat pemulihan pariwisata NTB pascagempa.
 
"Kami sudah masifkan promosi untuk mengembalikan awareness wisatawan bahwa Lombok dan Sumbawa aman untuk dikunjungi," kata Zul.
 
Zul juga bertemu dengan Lion Air untuk mendiskusikan potensi realisasi direct flight dari Guangzhou (China)-Lombok dan Lombok-Jeddah (Arab Saudi).

Baca: Kawasan Wisata Gili Mulai Kembali Didatangi Wisatawan

Sementara, untuk rute domestik, Lion Air dan Wings Air siap untuk membuka rute langsung Lombok-Labuan Bajo (NTT) dan Bima-Labuan Bajo.
 
"Potensi wisatawan dari China sangat besar. Butuh ikhtiar lebih untuk merealisasikan penerbangan rute China-Lombok. Kami masih merumuskan bentuk yang paling ideal namun realistis dengan Lion Air," ujarnya.
 
Sementara itu, rute Lombok-Jeddah, kata Zul, membuka peluang menggairahkan kembali perputaran ekonomi para pengusaha travel dan penyelenggara ibadah haji dan umrah di NTB.
 
"Kalau ingin maju, geliat ekonomi membaik dan sejahtera, mobilitas masyarakat adalah kuncinya. Moda transportasi yang cepat, aman dan nyaman akan membuka banyak peluang dan kemajuan bagi bangkitnya pariwisata NTB," kata Zul.
 
Selain melakukan pertemuan dengan pihak maskapai, Zulkieflimansyah juga melakukan pertemuan dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Kementerian Pariwisata menjadi mitra yang memberikan perhatian besar terhadap pariwisata NTB. Seperti mempromosikan destinasi utama NTB tiga Gili (Trawangan, Meno dan Air), memfasilitasi terwujudnya rute-rute direct flight dari luar negeri ke Lombok hingga bantuan pada pekolah tinggi pariwisata di Soromandi Bima, untuk meningkatkan mutu SDM pariwisata di Pulau Sumbawa.





(FZN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id