Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI
Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI

100 Hari Jokowi-Ma'ruf Bikin Pengusaha Yakin Ekspor

Ekonomi Kabinet Jokowi-Maruf 100 Hari Jokowi-Maruf
Ilham wibowo • 24 Januari 2020 09:46
Jakarta: Kinerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin memasuki 100 hari dinilai cukup baik mengawali fokusnya di program penyederhanaan reformasi birokrasi dalam hal pelayanan publik untuk ekspor/impor, kepabeanan, dan kepelabuhanan. Harapan besar kinerja positif tersebut langsung bisa dirasakan untuk pertumbuhan ekonomi 2020.
 
"Menurut kami sudah mengarah ke sana (kemudahan ekspor). Mudah-mudahan tahun ini lebih bagus ekspornya," kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani, di Kantor Apindo, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 23 Januari 2020
 
Hariyadi menilai fokus Presiden Jokowi di periode kedua untuk bisa terus meningkatkan ekspor dan menekan impor sudah mulai terlihat melalui beragam kebijakan. Satu di antara strategi jangka pendek yang telah dirasakan yakni respons cepat terhadap laporan safeguard.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kalangan pengusaha telah diberikan fasilitas untuk melakukan tindakan pengamanan yang dilakukan oleh pemerintah negara pengimpor dalam memulihkan kerugian serius. Ancaman kerugian terhadap industri dalam negeri sebagai akibat lonjakan barang impor sejenis atau barang yang secara langsung bersaing juga bisa dicegah.
 
"Termasuk melindungi pasar dalam negeri dengan safeguard yang secara tidak langsung membuat industri kita lebih efisien. Nah kalau efisien di satu sisi memang melindungi pasar dalam negeri tapi di sisi lain itu mengakibatkan operasi pabrik menjadi maksimal, dengan demikian ongkos produksi turun dan dia bisa kompetitif," paparnya.
 
Strategi pemerintah beberapa waktu terakhir juga mulai terlihat terkait dorongan memanfaatkan peluang peningkatan ekspor produk Indonesia di tengah perang dagang Amerika Serikat dengan Tiongkok. Produk orientasi ekspor dari Tanah Air kini mendapat prioritas di kepabeanan dan kepelabuhanan.
 
"Juga kita lihat sekarang industri sekarang juga sudah mulai aktif penetrasi ke pasar Amerika Serikat menggantikan impor dari Tiongkok. Sekarang mereka lagi lobi semua ke sana untuk alihkan yang semula impor dari Tiongkok kemudian menjadi dari Indonesia, itu sudah berjalan," ujarnya.
 
Hariyadi menambahkan, bertumbuhnya produk impor di era maraknya perdagangan elektronik atau e-commerce telah memengaruhi daya saing produk lokal di Tanah Air. Pengendalian pun sudah semestinya dilakukan.
 
Adapun potensi transaksi produk lokal yang hilang dari tarif bea masuk sebesar USD75 nilainya cukup besar yakni mencapai USD3,75 miliar atau setara Rp51,5 triliun sepanjang 2019. Angka tersebut dihitung dari 50 juta paket yang tidak terkena bea masuk melalui e-commerce.
 
"Potensi hilangnya USD3,750 miliar, kalau tidak diturunkan batasan bea masuknya. Itu seharusnya bisa dinikmati oleh industri dalam negeri," kata Haryadi.
 
Berdasarkan hitungan Apindo jumlah barang impor yang masuk ke wilayah Indonesia selain Batam, Kepulauan Riau, sepanjang 2019 mencapai 57,9 juta paket, atau melonjak drastis sekitar 197 persen dibanding 2018. Sementara jumlah barang kiriman impor pada 2017 tercatat hanya 6,1 juta paket, kemudian pada 2018 melonjak menjadi 19,5 juta paket.
 
"Ini yang kami khawatirkan mulai mengganggu UMKM kita, termasuk perajin. Oleh karena itu, kami memang meminta pemerintah untuk membuat tingkat kompetisi yang adil," ujarnya.
 
Apindo pun mendukung penuh langkah pemerintah yang menetapkan ketentuan impor terbaru dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK 199/PMK.04/2019 yang akan mulai berlaku pada 30 Januari 2020. Dalam aturan ini, Bea Cukai menyesuaikan nilai pembebasan bea masuk atas barang kiriman dari sebelumnya USD75 menjadi USD3 per kiriman.
 
"Kalau menikmati harga murah karena tidak membayar pajak ini tidak fair dalam kompetisi harga jual, kami dukung penuh PMK ini dan pengenaan impor itu juga diimbangi penyesuaian tarif impor," tutupnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif