Ilustrasi. (FOTO: dok MI)
Ilustrasi. (FOTO: dok MI)

Diberi Insentif, Diskon Pesawat Murah Tak Ganggu Keuangan Maskapai

Ekonomi bisnis maskapai lion air
Annisa ayu artanti • 09 Juli 2019 10:11
Jakarta: Maskapai Lion Air mengklaim tidak ada dampak yang terjadi pada keuangan perseroan, meski harus menuruti aturan pemerintah bahwa maskapai berbiaya rendah (low cost carrier/LCC).
 
CEO Lion Air Rudi Lumingkewas mengatakan Lion Air siap mengikuti aturan pemerintah menyediakan kembali tiket penerbangan murah. Mulai 11 Juli 2019, Lion Air akan memberi diskon 50 persen untuk 30 persen kursi yang disediakan setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu untuk penerbangan pukul 10.00 hingga 14.00.
 
"Enggak (ada dampak keuangan). Kita ikut saja," kata Rudi di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin malam, 8 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, kompensasi yang didapatkan maskapai yang mengikuti aturan ini adalah keringanan biaya oleh stakeholder lain.
 
"Kan ada kontribusi dari stakeholder lain," ucap dia.
 
Pengelola bandara, PT Angkasa Pura II (Persero) telah melakukan pembicaraan dengan maskapai dan akan memberikan insentif kepada maskapai yang mendukung penurunan tiket pesawat sebesar 50 persen tersebut.
 
Direktur Utama Angkasa Pura II Awaluddin menyebutkan beberapa insentif di antaranya adalah infrastructure sharing, resource collaboration, dan penggunaan platform yang sama untuk semua stakeholder kebandaraan. Jika penerapan insentif berlaku jangka panjang akan mengurangi biaya maskapai.
 
"Kalau tiga hal tadi kira-kira bisa (turun) 15-20 persen lah, tapi bertahap ya. Contoh saja komponen-komponen bersama itu bisa dioptimalkan, groundhandling, SDM sendiri-sendiri padahal yang dihadapi sama," jelas Awaluddin.
 
Sementara Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan bentuk dari insentif tersebut masih dalam pembicaraan lebih lanjut. Namun kemungkinan insentif tersebut dalam bentuk potongan harga.
 
"Ini mekanismenya besok mau kita bahas , jadi nanti bisa dalam bentuk potongan, bisa dalam bentuk voucher atau nanti langsung menurunkan dari tagihan, itu mekansime teknis lah," ujar Faik.
 
"Tapi yang jelas setiap flight ada kontribusi yang kami berikan ke mereka dan formulanya sudah ada di setiap flight yang sudah ditentukan untuk diturunkan," tukas Faik.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif