Illustrasi. MI/Irfan.
Illustrasi. MI/Irfan.

Komisi XI Bakal Pilih 5 dari 32 Calon Anggota BPK

Ekonomi badan pemeriksa keuangan
10 Juli 2019 15:59
Jakarta: Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan memilih lima nama calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 2019-2024. Saat ini sudah ada 32 nama calon yang lolos seleksi awal dari 64 nama yang mendaftarkan diri.
 
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir mengatakan saat ini ke-32 nama calon anggota BPK telah diserahkan kepada pimpinan DPR untuk kemudian diteruskan kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD). Setelah itu, Komisi XI menentukan nama yang akan di-fit and proper test.
 
"Dari 32 kemungkinan langsung lima, kita akan dengarkan paparan mereka. Sebab kalau kami sortir kita harus bentuk panitia lagi untuk seleksi tahap II," kata dia ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 10 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan, Komisi XI masih memiliki waktu yang cukup panjang sampai dengan 7 Agustus 2019. Sementara itu, Komisi XI akan meminta masukan dari DPD soal para calon, untuk selanjutnya ditetapkan siapa-siapa saja yang akan lolos.
 
"Langsung (dipilih oleh Komisi XI), saya kira waktunya cukup panjang satu bulan per 7 Agustus. Kami terima di situ (setelah rekomendasi DPD), kami langsung ambil keputusan lakukan fit and proper test," jelas dia.
 
Sebagai informasi, ada tiga kategori alasan 32 nama pendaftar lainnya tidak lolos.
 
Pertama, ada yang mengundurkan diri, yakni pendiri Lion Air Group Rusdi Kirana dan Ferry Joko Juliantoro. Kedua, ada yang tidak melengkapi dokumen. Ketiga, ada yang tidak memenuhi syarat minimum passing grade 77,85 dari makalah yang diajukan.
 
Adapun dari nama-nama yang lolos, di antaranya sejumlah politisi, yaitu Daniel Lumban Tobing (PDIP), Akhmad Muqowam (PPP), Tjatur Sapto Edy (PAN), Ahmadi Noor Supit, Ruslan Abdul Gani (Golkar), Pius Lustrilanang, Wilgo Zainar (Gerindra), dan Nurhayati Ali Assegaf (Demokrat).
 
Anggota BPK yang kembali mencalonkan diri dan lolos seleksi awal di Komisi XI adalah Harry Azhar Azis dan Achsanul Qosasi. Ada juga mantan Direktur Utama BEI Tito Sulistio dan mantan Ketua Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Syarkawi Rauf yang lolos seleksi awal.
 
Selain itu ada Bambang Pamungkas, Riza Suarga, Eddy Suratman, Izhari Mawardi, Jimmy M Rifai Gani, Raja Sirait, Heru Muara Sidik, Muhammad Yusuf Ateh, Syafri Adnan Baharuddin, Fontian Munzil, Saiful Anwar Nasution, Dadang Suwarna, I Gede Kastawa, Hendra Susanto, Gunawan Adji, Suharmanta, Indra Utama, Heru Kreshna Reza, Chandra Wijaya, serta Sahala Benny Pasaribu.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif