Ilustrasi Kemenkeu. Foto : Setkab.
Ilustrasi Kemenkeu. Foto : Setkab.

Penerbitan Obligasi Daerah Terkendala Masalah Literasi

Ekonomi pemda obligasi
Eko Nordiansyah • 15 Januari 2020 17:06
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan kendala yang dihadapi oleh pemerintah daerah sebelum menerbitkan obligasi daerah. Hingga saat ini belum ada satu daerah pun yang merealisasikan rencana untuk menerbitkan surat utang.
 
Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu Astera Primanto Bhakti mengatakan pemahaman soal obligasi daerah menjadi kendala utama. Pasalnya perlu ada koordinasi antar kepala daerah dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) masing-masing.
 
"Permasalahannya adalah literasi, pemahaman terhadap obligasi daerah itu seperti apa. Ini yang bermasalah. Pemahaman ini harus dimiliki pemda, maupun oleh DPRD-nya serta para stakeholder. karena kalau menerbitkan itu, daerahnya harus siap," kata dia di Gedung Kemenkeu, Jakarta Pusat, Rabu, 15 Januari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Prima, pemerintah Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta hingga Kota Bogor mengaku siap menerbitkan obligasi daerah. Sayangnya kesiapan dari daerah-daerah tersebut dinilai belum maksimal sehingga perlu pendalaman lebih lanjut sebelum menerbitkan obligasi.
 
"Mungkin ini yang membuat kesiapan daerah belum maksimal. bukan nggak bisa, tapi kan bertahap. Kita dorong supaya lebih siap dengan sosialisasi, rapat koordinasi dan kita juga jelaskan ke DPRD-nya," jelas dia.
 
Kemenkeu sendiri tak hanya mendorong daerah untuk menerbitkan surat utang sendiri. Pemerintah daerah bisa menggunakan skema pembiayaan lain seperti Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) atau creative financing lainnya.
 
"Kalau ada proyek di daerah yang sifatnya substansial dan signifikan dan itu proyek infrastruktur, kita dorong daerah untuk memanfaatkan pola KPBU tapi kalau misalnya itu masih belum kita punya pinjaman, alternatifnya pinjam ke SMI," pungkasnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif