Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)
Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)

LPS: Kenaikan Suku Bunga Simpanan Melandai dan Stabil

Ekonomi pertumbuhan ekonomi lps ekonomi indonesia kssk
Ilham wibowo • 24 April 2019 07:18
Jakarta: Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah mengatakan tren kenaikan suku bunga simpanan sudah melandai dan stabil. Kinerja bidang penjaminan nasabah perbankan ini sejalan dengan membaiknya kondisi likuiditas perbankan.
 
"Sepanjang 2019 hingga akhir minggu kedua April 2019, rata-rata suku bunga deposito rupiah pada 66 bank benchmark terpantau stabil berada di level 6,15 persen," kata Halim, dalam pemaparan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di kantor Kemenkeu, Jakarta, Selasa, 23 April 2019.
 
Sementara itu, rata-rata suku bunga valuta asing di 19 bank benchmark pada periode yang sama juga terpantau stabil di level 1,23 persen. LPS kemudian memutuskan untuk mempertahankan tingkat bunga penjaminan sebesar 7,00 persen untuk simpanan rupiah di bank umum dan 9,50 persen untuk simpanan di BPR pada evaluasi 18 Maret 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sementara tingkat bunga penjaminan simpanan valuta asing di bank umum juga dipertahankan tetap sebesar 2,25 persen," ungkapnya.
 
Selanjutnya LPS melakukan pemantauan dari sisi coverage penjaminan baik nominal dan rekening. Data terakhir dinilai masih memadai untuk mendukung kepercayaan nasabah kepada sistem perbankan.
 
"Stabilitas sistem keuangan normal, tidak terdapat pergerakan dana yang luar biasa. Berarti kebijkan masyarakat terhadap keamanan simpanan mereka tetap tinggi di perbankan nasional," ujarnya.
 
Berdasarkan data Maret 2019 jumlah rekening yang dijamin LPS adalah sebesar 99,91 persen dari total rekening atau setara dengan 281.931.212 rekening. Sementara secara nominal jumlah simpanan yang dijamin mencapai 52,30 persen dari total simpanan atau setara dengan Rp2.483,32 triliun.

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif