Philip Morris Indonesia Ekspor 9 Juta Batang Rokok ke Jepang. Medcom/Husen M.
Philip Morris Indonesia Ekspor 9 Juta Batang Rokok ke Jepang. Medcom/Husen M.

Philip Morris Indonesia Ekspor 9 Juta Batang Rokok ke Jepang

Ekonomi hm sampoerna ekspor-impor
Husen Miftahudin • 21 Maret 2019 15:58
Karawang: PT Philip Morris Indonesia (PMID) secara resmi melakukan ekspor perdana produk rokok premium, Marlboro dan L&M, ke pasar bebas pajak (duty free) Jepang.
 
Dalam ekspor perdananya, pemegang saham mayoritas PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) itu mengekspor sebanyak sembilan juta batang senilai USD100 ribu ke Negeri Sakura.
 
"Suatu kebanggaan bagi kami karena market Jepang bukanlah market yang mudah kita masuki di mana kualitas (produk) yang diinginkan sangat tinggi. Sehingga kami merasa bangga dengan pencapaian ini, sesuatu keberhasilan dari PT Philip Morris Indonesia," kata Direktur Utama PMID Ahmad Mashuri di Karawang, Jawa Barat, Kamis, 21 Maret 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ekspor produk rokok premium PMID ke pasar duty free Jepang dilakukan setelah ditunjuk oleh PT Philip Morris International. Sebelumnya, rokok pasar duty Jepang diisi oleh produksi dari Philip Morris Serbia.
 
Menurut Mashuri, penunjukan ekspor produk rokok premium PMID ke pasar duty free Jepang menandakan kualitas produksi rokok PMID setara dengan produksi rokok di Eropa. Maklum, konsumen Jepang memiliki ekspektasi standar kualitas yang tinggi dibandingkan dengan negara-negara lain.
 
"Dengan ini, kami berhasil untuk menyetarakan produk kami dengan produk hasil dari Eropa. Kami juga menargetkan ekspor Marlboro dan L&M ke Jepang sebanyak 300 juta batang secara satu tahun penuh," bangga Mashuri.
 
Secara bersamaan, Philip Morris juga melakukan ekspor keempat produk rokok premium ke pasar duty free Korea Selatan sebanyak dua kontainer ukuran 40 feet atau sebanyak 18 juta batang. Secara total, PMID menargetkan ekspor ke Negeri Ginseng sebanyak 60 juta batang dalam satu tahun penuh.
 
"Dengan tambahan Jepang dan Korea Selatan, Philip Morris Indonesia telah mengekspor ke 45 lokasi negara tujuan yang tersebar di Asia, Eropa, dan Australia," ungkap Mashuri.
 
Dengan merambah pasar ekspor ke Jepang dan Korea Selatan, kata dia, menjadi bukti komitmen PMID untuk selalu meningkatkan daya saing Indonesia di pasar internasional.
 
"Kami juga siap mendukung pertumbuhan perekonomian Inonesia melalui peningkatan produk-produk ekspor kita," pungkas Mashuri.
 
Pelepasan ekspor perdana PMID ke pasar duty free Jepang di Karawang turut disaksikan oleh Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai DJBC Kemenkeu Nirwala Dwi Heryanto, Direktur Industri Minuman Hasil Tembakau dan Bahan Penyegar Kementerian Perindustrian Abdul Rochim.
 
Kemudian, Kepala Kanwil Ditjen Bea Cukai Provinsi Jawa Barat Saipullah Nasution, Dirut PT Philip Morris Indonesia Ahmad Mashuri, serta Direktur Urusan Eksternal Sampoerna Elvira Lianita.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif