Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey. Dok : MI.
Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey. Dok : MI.

Gubernur Sulut Berharap Pengunaan Dana Tepat Waktu

Ekonomi pemilu apbn 2018
16 Desember 2018 13:50
Manado: Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey berharap penggunaan dana setelah diserahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2019 tepat waktu.
   
"Pembangunan dan pelaksanaan anggaran harus tepat waktu, lebih merata, dan memberikan dampak ganda yang lebih besar kepada pembangunan perekonomian daerah," kata Gubernur di Manado, dikutip dari Antara, Minggu, 16 Desember 2018.  

Gubernur menyebutkan Presiden Joko Widodo pada acara penyerahan DIPA di Istana Negara mengatakan belanja APBN 2019 difokuskan untuk pembangunan SDM, peningkatan daya saing, memperkuat ekspor dan investasi serta untuk penguatan value of money.    

"Presiden Jokowi mengatakan bahwa penggunaan anggaran harus berfokus pada dampak nyata yang dapat dirasakan, bukan sekedar apa yang dikerjakan," kata Olly.
   
Karena itu Olly mengingatkan bupati dan wali kota memastikan setiap rupiah dari APBN 2019 betul-betul digunakan untuk kepentingan rakyat sampai ke tingkat desa, serta memastikan perlindungan sosial diterima oleh yang membutuhkan.
   
"Mari kita memperkokoh komitmen untuk menggunakan alokasi dana dengan baik dan akuntabel," beber Olly.
   
Alokasi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa se Sulut pada Tahun Anggaran 2019, ditetapkan sebesar Rp14,4 triliun. Dana triliunan rupiah dana tersebut terdiri dari dana bagi hasil pajak sebesar Rp288,7 miliar, dana bagi hasil sumber daya alam sebesar Rp244,2 miliar, dana alokasi umum sebesar Rp8,9 triliun.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Selanjutnya, dana alokasi khusus fisik sebesar Rp1,6 triliun, dana alokasi khusus nonfisik sebesar Rp1,7 triliun, dana insentif daerah sebesar Rp300,5 miliar dan dana desa sebesar Rp1,2 triliun.
(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi