Menko Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Setkab)
Menko Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Setkab)

Pemerintah Siap Kaji Tarif Pesawat Mahal

Ekonomi ekonomi indonesia Tarif Tiket Pesawat
07 Mei 2019 11:01
Jakarta: Pemerintah akan mengkaji ulang regulasi mengenai tarif batas atas tiket pesawat yang masih menimbulkan ekonomi biaya tinggi. Langkah itu dilakukan di antaranya untuk menyesuaikan harga menjelang mudik Lebaran 2019.
 
"Kita minta supaya dikaji ulang penentuan tarif batas bawah, batas atas. Hitung-hitungannya bagaimana, beliau mengatakan mengkaji berapa jauh akan turun," kata Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Selasa, 7 Mei 2019.
 
Menurut Darmin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan pengkajian ulang Peraturan Menteri Nomor PM 20 Tahun 2019 tentang Tata Cara dan Formulasi Perhitungan Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri dapat selesai dalam waktu satu pekan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menko mengatakan Kementerian BUMN juga akan mematuhi peraturan mengenai tarif batas atas yang akan berlaku.
 
"Kalau batas atasnya diubah, ya jelas efektif dong, karena Menteri BUMN mengatakan dia tidak akan intervensi, tapi kalau itu (tarif batas atas) diturunkan, maka tiketnya diturunkan," kata Darmin.
 
Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memastikan maskapai Garuda Indonesia akan mengikuti aturan main dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Rencananya, tarif batas atas tiket pesawat akan dipangkas.
 
"Garuda kan salah satu pelaku usaha di sektor penerbangan. Kami akan mengikuti apa yang ditetapkan oleh Kemenhub," ujar Rini.
 
Aspek struktur biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan bisnis penerbangan Garuda Indonesia bakal ditinjau. Hasil yang diperoleh pun bisa merepresentasikan struktur biaya pada maskapai penerbangan lainnnya.
 
Rencana revisi akan difokuskan pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 20 Tahun 2019 tentang Tata Cara dan Formulasi Perhitungan Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri. Rini menegaskan regulasi yang berlaku nantinya wajib untuk seluruh maskapai penerbangan di Tanah Air.
 
"Ini semua tidak hanya Garuda Indonesia, makanya mungkin yang harus diperjelas ini tuh semua airline, semua ada cost structure yang memang harusnya mirip-mirip dan ini sedang saya lihat," ungkapnya.
 
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan bakal merevisi tarif batas atas tiket pesawat terbang. Evaluasi telah dilakukan bersama Kementerian BUMN. "Kita akan evaluasi batas atas, saya diberi waktu dalam waktu satu minggu akan menetapkan batas atas baru untuk penerbangan ekonomi," kata Budi.
 

(ABD)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif