Ilustrasi. Foto: dok MI.
Ilustrasi. Foto: dok MI.

Tips Menyiasati Mahalnya Harga Emas untuk Mahar Nikah

Ekonomi harga emas emas
Antara • 03 Maret 2020 10:53
Meulaboh: Tren naiknya harga jual perhiasan emas di Aceh sejak dua pekan terakhir terus mengalami lonjakan hingga mencapai Rp2,4 juta per mayam (3 gram).
 
Rusli, seorang pedagang emas yang membuka usaha di ruas Jalan Swadaya, Meulaboh, Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat, membagi tips bagi para bujangan dengan cara mengumpulkan mahar emas sebelum menikah.
 
Diakuinya, melonjaknya harga emas menimbulkan keresahan bagi kalangan pemuda khususnya milenial Aceh yang belum menikah. Sebab, mahar merupakan faktor pendukung utama agar bisa meminang gadis idaman sebagai pendamping hidup.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut tips agar aman saat akan lamaran bagi pemuda di Aceh.

Menabung Emas

Sebaiknya para bujangan jika memiliki uang atau rezeki, segera menabung emas dengan cara membeli emas di toko mas dengan harga sekitar Rp700 ribu hingga Rp800 ribu per gram saat ini.
 
"Jika sudah terkumpul hingga 10 atau 20 gram, bisa dijual ke toko emas dan ditukar dengan perhiasan emas seberat emas yang sudah dikumpulkan tadi," kata Rusli.

Beli Setengah

Membeli emas dengan berat sekitar 1/2 mayam di toko emas, lalu disimpan dan setiap kali ada rezeki, langsung membeli emas untuk kebutuhan mahar saat akan menikah atau melamar gadis pujaan nantinya.
 
"Daripada simpan uang di rekening, belum tentu aman karena pasti akan habis dengan sendirinya untuk keperluan sehari-hari," kata Rusli.
 
Baca: Harga Emas Antam Naik Rp5.000/Gram

Investasi Emas

Keuntungan lainnya, kata dia, dengan berinvestasi atau menyimpan emas dipastikan tidak akan rugi. Sebab, emas yang merupakan logam mulia harganya tidak akan pernah turun secara drastis, dan bisa dijadikan sebagai modal investasi dan bisa dijual kapan pun apabila membutuhkan uang secara mendadak.
 
"Intinya banyak keuntungan yang akan didapat apabila berinvestasi atau menyimpan emas, kecil kemungkinan rugi," kata Rusli.
 
Di Aceh, untuk bisa meminang seorang gadis, para pemuda minimal harus mampu menyiapkan mahar sebesar 10 mayam emas (30 gram) emas murni atau hingga mencapai 50 gram hingga 60 gram banyaknya.
 
Bagi yang sudah menikah, tips ini layak dicoba sebagai ajang untuk investasi di hari tua.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif