Illustrasi. Dok : AFP.
Illustrasi. Dok : AFP.

Sinergi Data, Bea Cukai Panggil Pelaku E-Commerce

Ekonomi ecommerce
Husen Miftahudin • 17 Juli 2019 20:50
Jakarta: Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Heru Pambudi mengaku ingin mengnyinergikan seluruh data transaksi perdagangan berbasis daring (e-commerce). Pihaknya bakal segera menggelar pertemuan dengan para pelaku e-commerce.
 
"Kami akan panggil asosiasi termasuk pihak-pihak terkait untuk kita duduk bersama. Kita akan mendalami, misalnya volume transaksi melalui e-commerce," ujar Heru ditemui di kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng Timur, Jakarta Pusat, Rabu, 17 Juli 2019.
 
Rapat bersama itu juga membahas aturan baru yang tengah digodok pemerintah terkait perdagangan elektronik lintas batas (crossborder). Aturan baru tersebut untuk mengendalikan barang impor masuk ke Indonesia via e-commerce.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi yang kita akan undang adalah semua unsur, dari pemain ritel, e-commerce. Mulai dari platform dalam negeri sampai platform luar negeri," ungkap dia.
 
Dalam pertemuan tersebut Bea Cukai meminta masukan terkait sinergi data e-commerce. Termasuk meminta dukungan dalam upaya menciptakan iklim usaha yang setara dengan produk-produk lokal terkait perdagangan lintas batas.
 
"Karena ini menurut saya pada satu sisi kita juga memperhatikan produksi nasional, tetapi juga tidak bisa dihindari bahwa beberapa di antara konsumen itu memerlukan produk dari luar negeri. Tinggal bagaimana pemerintah bisa menyeimbangkan antara kepentingan-kepentingan tadi," imbuhnya.
 
Pascapertemuan tersebut, Bea Cukai juga akan menggelar rapat lanjutan dengan stakeholder dan pihak-pihak terkait dari kementerian/lembaga.
 
"Follow up dari itu kita juga akan mengadakan rapat untuk mengundang pemain e-commerce, ritel. Kemudian pihak-pihak terkait kementerian dan lembaga, terutama Kemendag, Kemenperin, serta Kominfo," pungkas Heru.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif