Direktur Utama Taspen Life Maryoso Sumaryono (kedua dari kiri). Foto: dok Taspen Life.
Direktur Utama Taspen Life Maryoso Sumaryono (kedua dari kiri). Foto: dok Taspen Life.

Taspen Life Cetak Pendapatan Premi Rp1,17 Triliun

Ekonomi taspen
Eko Nordiansyah • 11 Oktober 2019 13:28
Jakarta: PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) mencatatkan pendapatan premi di kuartal III-2019 mencapai Rp1,17 triliun. Pertumbuhan ini lebih dari dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp369 miliar.
 
Kenaikan premi tersebut disumbang oleh pertumbuhan premi asuransi kumpulan sebesar 204,45 persen dan premi asuransi individu yang meningkat sebesar 300,45 persen dari tahun lalu.
 
"Pertumbuhan premi asuransi individu yang cukup signifikan meningkatkan jumlah polis/peserta asuransi individu sebesar 1.709 persen dibandingkan tahun lalu. Taspen Life telah siap masuk pada target pasar asuransi individu, dengan tetap mempertahankan target pasar asuransi kumpulan" kata Direktur Utama Taspen Life Maryoso Sumaryono dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat, 11 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Taspen Life membukukan hasil investasi sebesar Rp205 miliar atau tumbuh hingga 18,68 persen dibandingkan periode sebelumnya yang membukukan hasil investasi sebesar Rp172 miliar. Hal tersebut seiring juga dengan pertumbuhan total pendapatan mencapai 161,75 persen atau Rp1,36 triliun dari periode sebelumnya Rp521 miliar.
 
"Sehingga berpengaruh positif kepada laba yang tumbuh sebesar 114,42 persen dari laba September 2018 sebesar Rp39 miliar menjadi Rp84 miliar pada September 2019. Hal yang mendorong keberhasilan Taspen Life di kuartal III 2019 ini, selain adanya perluasan pangsa pasar, Taspen Life terus meningkatkan sinergi dengan induk perusahaan," jelas dia.
 
Jumlah total aset tumbuh sebesar 26,35 persen atau Rp4,37 triliun pada 2019 dari Rp3,46 triliun pada 2018, pertumbuhan total aset sebagaian besar bersumber dari pertumbuhan aset investasi sebesar 34,06 persen dari Rp3,14 triliun pada 2018 menjadi Rp4,21 triliun pada 2019.
 
Sementara itu, penetrasi pasar yang dilakukan oleh Taspen Life juga mengalami peningkatan. Jumlah polis per peserta pada September 2019 tercatat tumbuh sebesar 8,18 persen atau sebanyak 606.618 polis per peserta dari periode sebelumya yakni sebanyak 560.758 polis per peserta.
 
Taspen Life juga menjaga kepercayaan pemegang polis per peserta, dengan cara membayarkan klaim tepat waktu. Sampai dengan kuartal III-2019 pembayaran klaim kepada peserta sebesar Rp329,84 miliar. Komposisi pembayaran klaim tersebut yaitu klaim habis kontrak 65 persen, klaim meninggal dunia 31 persen, dan klaim surrender empat persen.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif