Menteri Perhubungan Budi Karya. FOTO: Medcom.id/Desi Angriani.
Menteri Perhubungan Budi Karya. FOTO: Medcom.id/Desi Angriani.

Menhub Minta Diundang Erick Cari Dirut Garuda Baru

Ekonomi Garuda Indonesia Pergantian Direksi BUMN
Husen Miftahudin • 06 Desember 2019 15:44
Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengundangnya untuk mencari pengganti I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra di posisi direktur utama Garuda Indonesia. Askhara didepak lantaran terbukti menyelundupkan motor Harley Davidson dalam penerbangan Garuda Indonesia rute Toulousse, Prancis ke Indonesia.
 
"Nanti mestinya Pak Erick akan mengundang kami untuk membahas (pengganti direktur utama Garuda Indonesia) lebih lanjut," ujar Budi di Hotel Westlin, Jalan HR Rasuna Said, Karet Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 6 Desember 2019.
 
Hingga saat ini belum ada bahasan lebih lanjut terkait perombakan di tubuh Garuda Indonesia, utamanya sang nakhoda. "Tapi yang menjadi lead adalah BUMN," tutur Budi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu memastikan aspek keselamatan Garuda Indonesia tak terpengaruh dari pencopotan Askhara. Sebab aspek keselamatan tugas direktur operasi dan direktur maintenance.
 
"Kalau safety (keselamatan) itu adalah domainnya direktur operasi dan direktur maintenance. Direktur operasi dan direktur maintenance-nya sudah sesuai dengan kualifikasi, tentu safety-nya enggak ada masalah," jelas dia.
 
Sebelumnya Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga membenarkan Fuad Rizal akan menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk. Dalam hal ini, Kementerian BUMN kompak dengan Kementerian Perhubungan untuk merekomendasikan nama Direktur Keuangan Garuda Indonesia itu sebagai Plt Dirut.
 
"Kita kompak lah dengan Kemenhub, plt-nya dari Dirkeu," kata staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat, 6 Desember 2019.
 
Arya menjelaskan alasan direkomendasikannya Fuad sebagai pengganti sementara I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Ashkara karena sejauh ini nama Fuad masih bersih. Berdasarkan data manifest pesawat Airbus A330-900 NEO yang membawa Harley Davidson dan dua sepeda Brompton selundupan tersebut tidak ada nama Fuad.
 
"Yang pasti Pak Fuad tidak ada di penerbangan, kita ingin operasional jalan juga. Kemudian dia orang keuangan," ucap dia.
 
Saat ini, penunjukan dan penugasan plt tengah dirapatkan Dewan Komisaris Garuda Indonesia. Plt direktur utama akan bertugas hingga Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) digelar. Pada RUPSLB nanti akan ditentukan direktur utama definitif.
 
"Plt bukan waktu tetap. Yang utama nanti kita lihat siapa dirut dan direksi yang ditetapkan," pungkas dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif