Ilustrasi. Foto: dok MI.
Ilustrasi. Foto: dok MI.

Lion Air Klarifikasi Tiket Manokwari-Jakarta Tembus Rp19 Juta

Ekonomi lion air batik air
Ilham wibowo • 17 Desember 2019 16:55
Jakarta: Lion Air Group menjawab keluhan penumpangnya yang merasa terbebani dengan harga tiket yang dianggap mahal dalam penerbangan Manokwari-Jakarta. Dalam daftar tiket pesawat di sebuah aplikasi pencarian travel, penerbangan tersebut harganya mencapai Rp19 juta per orang.
 
Corporate Communications Strategic Danang Mandala Prihantoro memaparkan penjualan tiket pesawat udara melalui website resmi perusahaan dan agen perjalanan baik online dan korporasi, akan menampilkan detail penerbangan yang terdiri jadwal keberangkatan, nomor penerbangan, harga jual tiket, dan informasi lainnya.
 
Apabila kursi untuk penerbangan langsung not available atau tidak tersedia dan terjual habis, sistem pada mesin akan mencari rute dengan menawarkan alternatif agar pemesan atau calon penumpang dapat sampai di tujuan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam situasi ini, calon tamu atau penumpang ditawarkan perjalanan udara melalui beberapa sektor atau transit," kata Danang melalui keterangan tertulisnya, Selasa, 19 Desember 2019.
 
Penerbangan transit merupakan layanan dari maskapai sendiri atau kombinasi (multiple flight) bersama maskapai lain. Hal ini secara otomatis akan memunculkan harga jual total tiket dari keseluruhan sektor yang harus dilalui.  
 
"Lion Air menginformasikan bahwa nominal dimaksud (multiple flight) berbeda dari tarif tiket penerbangan langsung yang berlaku," ungkapnya.
 
Danang menyampaikan penjelasan tersebut juga sekaligus mengklarifikasi perkembangan informasi tentang harga jual tiket pesawat udara Batik Air rute Manokwari melalui Bandar Udara Rendani, Papua Barat (MKW) tujuan Makassar-Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin di Maros, Sulawesi Selatan (UPG), Senin, 16 Desember 2019.
 
Hasil pengecekan yakni jumlah kursi penerbangan langsung tidak tersedia atau sudah terjual habis. Sebagai keterangan, tarif batas atas satu kali jalan untuk tarif maskapai (air fare) menurut jarak Manokwari ke Makassar adalah Rp2.042.000 pada kelas ekonomi (belum termasuk PPn, iuran wajib Jasa Raharja dan Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax).
 
"Tarif tiket pesawat yang muncul mencapai Rp19.173.900 dan Rp20.447.200 adalah total keseluruhan perjalanan yang ditawarkan sebagai opsi oleh mesin pencari dengan penerbangan multisektor sampai tujuan akhir," paparnya.
 
Batik Air juga menyatakan harga jual tiket tersebut memiliki komposisi perjalanan udara beberapa sektor atau transit. Penjelasan Rp19.173.900 adalah layanan tiket kelas bisnis yang terdiri rute dari Manokwari ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) dan lanjutan penerbangan ke tujuan akhir di Makassar atau satu kali transit.
 
Sementara penjelasan Rp20.447.200 adalah layanan tiket kelas bisnis dengan rute Manokwari ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) ke Bandar Udara internasional Juanda, Jawa Timur (SUB) kemudian tujuan akhir di Makassar atau dua kali transit.
 
Danang menambahkan, pihaknya berupaya dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik, dengan senantiasa mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan. Pihaknya menyatakan, patuh dan menjalankan kebijakan regulator dan standar prosedur operasi (SOP) perusahaan serta ketentuan internasional.
 
"Untuk itu, Lion Air Group meminta kepada seluruh calon tamu atau calon penumpang dalam mempersiapkan rencana perjalanan agar lebih awal, bijaksana, teliti dan cermat dalam memahami informasi ketika melakukan proses pembelian tiket pesawat," pungkasnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif