Menteri Perhubungan Budi Karya. Foto : Medcom/Sonya Michaella.
Menteri Perhubungan Budi Karya. Foto : Medcom/Sonya Michaella.

Sebagian Pelabuhan Patimban Beroperasi Juni 2020

Ekonomi pelabuhan patimban
Desi Angriani • 20 November 2019 21:41
Jakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan proyek Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat akan beroperasi secara terbatas atau soft opening pada Juni 2020. Progres proyek tersebut sudah mencapai 60 persen.
 
"Untuk Patimban, kita harapkan Juni tahun depan soft opening dengan mengoperasikan car terminal," katanya di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 20 November 2019.
 
Budi menjelaskan pelabuhan itu direncanakan dibangun dengan kapasitas 2,74 juta peti kemas (TEU). Pada tahap pertama ditargetkan dapat melayani 3,5 juta TEU dan ekspor hingga 600 ribu kendaraan bermotor (CBU).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahap selanjutnya kapasitas pelayanan akan ditingkatkan menjadi 5,5 juta TEU hingga meningkat kembali 7,5 juta TEU untuk tahap terakhir.
 
"Untuk Pelabuhan Patimban ditargetkan rampung pada 2022 dan terus dibangun hingga 2028," ungkap dia.
 
Adapun pengoperasian pelabuhan itu menggunakan skema KPBU atau Public Private Partnership (PPP). Operatornya berasal dari perusahaan swasta Indonesia dan Jepang.
 
"Operator swasta akan dipilih dan operator itu akan memilih siapa perusahaan Jepang yang paling memberikan skema yang paling baik untuk Patimban," tutupnya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif