Mahasiswa Digital Communication Fakultas Ilmu Komunikasi UMB Jakarta mengedukasi UMKM. Foto: dok UMB.
Mahasiswa Digital Communication Fakultas Ilmu Komunikasi UMB Jakarta mengedukasi UMKM. Foto: dok UMB.

Mengajar UMKM Menuju Revolusi Industri 4.0

Ekonomi umkm Revolusi Industri 4.0 universitas mercu buana
khalisah • 25 November 2019 17:53
Jakarta: Presiden Joko Widodo tak bosan mengingatkan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengikuti percepatan perubahan global. Apalagi, dunia saat ini sedang mengalami revolusi industri 4.0.
 
Adapun revolusi industri itu terkait dengan penjualan produk UMKM secara online dengan menggunakan segala media, khususnya melalui media sosial.
 
Menurut Jokowi, dunia usaha harus memahami, mengantisipasi, dan mengikuti perkembangan. Jika perubahan tidak dilakukan pasti akan tertinggal.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini juga erat kaitannya dengan generasi muda. Erat dengan dunia digital. Maka dari itu Mahasiswa Digital Communication Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta melakukan edukasi kepada masyarakat terkait hal ini.
 
"Khususnya di rumah produksi UMKM Opak Mandiri, Kampung Wakap, Pandeglang, Banten," ujar Ketua Bidang Studi Digital Communication UMB Dadan Iskandar, belum lama ini.
 
Menurut dia kegiatan pengabdian ini berkerja sama dengan Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM BRI) yang membentuk UMKM Opak Mandiri.
 
"Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini merupakan komitmen UMB melalui kegiatan mahasiswa untuk meningkatkan wawasan dan memberdayakan kelompok masyarakat, khususnya di dunia digital," tutur dia.
 
Dia menambahkan kegiatan pemberdayaan yang dihadiri oleh 25 produsen opak ini berbagi informasi dan ilmu terkait strategi membangun brand awareness pada produk Opak Mandiri di media sosial.
 
"Kemudian bagaimana memproduksi konten kreatif, dan manajemen media sosial. Terkait langkah-langkah membangun merek produk, perlu adanya pemahaman tentang dunia digital atau istilahnya melek digital, dimulai dari penggunaan smartphone untuk berbisnis," jelasnya.
 
Mahasiswa UMB Pristian Alaika Bachri pun menjelaskan cara memproduksi isi media digital. Tahap demi tahap dirinya mengajarkan produksi konten kreatif dengan menggunakan smartphone, mulai dari penggunaan kamera untuk fotografi, mengunduh aplikasi untuk editing foto/video di smartphone, serta mendemonstrasikan hasilnya.
 
"Dalam menjalankan bisnis di media sosial/dunia digital, perlu adanya penjadwalan dalam hal mem-posting di media sosial, penulisan caption terkait dengan gambar yang di-posting," tambah dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif