Tol Trans-Jawa. FOTO: Ilustrasi dok MI/Ramdani.
Tol Trans-Jawa. FOTO: Ilustrasi dok MI/Ramdani.

Perusahaan Tiongkok Siap Danai Pembangunan Lanjutan Tol Trans Jawa

Ekonomi indonesia-tiongkok Tol Trans-Jawa
Nia Deviyana • 15 Oktober 2019 19:04
Jakarta: Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menuturkan dirinya baru saja menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman untuk pembangunan lanjutan tol Trans Jawa atau Prabowangi yang menyambungkan Probolinggo-Banyuwangi.
 
Penandatanganan yang juga disaksikan Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brpdjonegoro itu, merupakan bentuk skema Kerja Sama antara Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).
 
"Ini (Prabowangi) didanai kerja sama BUMN kita dengan beberapa sektor swasta, termasuk perusahaan konstruksi dari Tiongkok, China Communications Construction Company (CCCC)," ujar Thomas saat mengisi diskusi di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun nilai komitmen kerja sama tersebut, lanjut Thomas, cukup besar. "Sehingga diharapkan bisa membawa arus modal masuk yang cukup signifikan," tuturnya.
 
Tol Prabowangi merupakan bagian akhir dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa yang memiliki panjang 172 Km. Komitmen investasi tersebut, disalurkan melalui fasilitas Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA).
 
Adapun untuk pembangunan tol Prabowangi, dana yang diinvestasikan CCCC sebesar Rp23,3 triliun. Selain komitmen tersebut, pemerintah melalui PINA juga mendapatkan komitmen investasi sebesar Rp6 triliun dari investor lain.
 
Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan pemerintah akan terus menjaring berbagai komitmen investasi dari berbagai pihak, baik investor domestik maupun asing melalui PINA guna mendukung pembangunan infrastruktur.
 
"Kami akan menjaring investor-investor potensial luar negeri dengan melakukan berbagai aktivitas roadshow," kata dia, belum lama ini.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif