Taspen Beri Rp136 Juta bagi PNS Korban Lion Air

Eko Nordiansyah 05 November 2018 21:18 WIB
taspen
Taspen Beri Rp136 Juta bagi PNS Korban Lion Air
Lion Air. MI/Amiruddin.
Jakarta: PT Taspen (Persero) siap memberikan santunan senilai Rp136 juta bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkal Pinang. Total ada 47 PNS yang menjadi korban Lion Air.

Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro mengatakan santunan yang diberikan bisa bertambah jika ada lampiran Surat Perjalanan Dinas (SPD) dari masing-masing Kementerian/Lembaga (K/L). Pasalnya jika tergolong perjalanan dinas maka keluarga korban bisa mendapat hingga Rp180 juta.

"Yang kami bayarkan hari ini adalah status kematian, bukan tewas. Sedangkan yang menentukan tewas atau tidak, itu dari pejabat kepegawaian. Kalau statusnya sudah ada, bisa bertambah jumlah santunannya," kata dia di Jakarta, Senin, 5 November 2018.

Selain itu, bagi korban yang memiliki anak usia sekolah maka akan mendapatkan tunjangan pendidikan tambahan sebesar Rp15 juta per anak. Namun pencairannya tidak akan dilakukan dalam bentuk tunai, tetapi dalam bentuk beasiswa pendidikan yang disalurkan melalui PT Taspen Life.

"Beasiswanya bukan tunai, tapi kami bayarkan premi asuransi pendidikan pada PT Taspen life, sehingga nanti mereka dibayarkan sekolahnya dari situ," jelas dia.

Dirinya menambahkan, Taspen berjanji dengan segera memproses setiap pencairan yang dilakukan oleh keluarga korban. Hanya saja karena proses evakuasi masih dilakukan oleh Badan SAR Nasional (Basarnas), maka sampai saat ini masih belum ada keluarga korban yang melakukan pencairan.

Adapun 47 PNS yang menjadi korban yaitu 21 PNS dari Kementerian Keuangan, 10 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), lima orang dari Kejaksaan, empat orang dari Mahkamah Agung, dan tiga orang dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Di samping itu, terdapat dua orang dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), satu orang dari Kementerian Kesehatan, dan satu orang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id