"BTPN Wow merupakan layanan perbankan yang memanfaatkan teknologi telepon genggam dan didukung jasa agen sebagai perpanjangan tangan guna meningkatkan jangkauan layanan kepada nasabah di seluruh pelosok Indonesia," kata Sales Management Head BTPN Wow Moh Reza Rizal, seperti dikutip dari Antara, di Padang, Kamis (21/1/2016).
Menurut dia berdasarkan survei Global Financial Inclusion Index 2014 menunjukkan hanya 36 persen orang di Indonesia yang memiliki rekening di bank. Salah satu alasan masyarakat tidak memiliki rekening tabungan di bank adalah karena tidak punya uang untuk ditabungkan.
"Ada orang yang punya kelebihan uang Rp20 ribu, kalau ditabung ke bank nominalnya terlalu kecil, ditambah akses ke bank yang jauh sehingga jadi enggan menabung," jelasnya.
Selain itu, lanjut dia, selama ini biaya administrasi rekening tabungan di bank cukup mahal. Bahkan, ada yang mencapai Rp10 ribu per bulan. Apabila saldo terlalu kecil maka tentu uang akan berkurang.
"Kemudian untuk membuka rekening tabungan di bank prosedurnya cukup rumit sehingga masyarakat juga menjadi malas," ujarnya.
Oleh sebab itu, tambahnya, layanan perbankan tanpa kantor yang dikenal dengan istilah Laku Pandai atau Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusif diharapkan dapat meningkatkan penetrasi perbankan ke masyarakat menengah bawah.
"Layanan bank tanpa kantor juga akan menurunkan beban operasional bank karena tidak perlu membangun infrastruktur berupa kantor cabang," pungkas dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News