Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Rivan Awal)
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Rivan Awal)

RI Bisa Bersaing dengan Industri Mamin Global

Ekonomi industri makanan
Dian Ihsan Siregar • 04 Juli 2018 15:23
Jakarta: Indonesia seharusnya bisa bersaing dengan produk makanan dan minuman (mamin) globalmelalui banyaknya produk agrikultur yang dimiliki.
 
"Indonesia punya produk dan komoditas penting, seperti kelapa sawit, beras, rempah-rempah, cengkeh, kayu manis, vanila, dan lainnya. Potensi ini memperkaya cita rasa Indonesia baik makanan dan minuman. Hal itu pula harus membuat industri makanan dan minuman lokal bisa lebih bersaing dengan global," ‎kata ‎Peneliti dari Seafast Center IPB Puspo Edi Giriwono, ‎ditemui dalam acara 'Media Workshop Food Ingredients Asia 2018' di Hotel JW Marriott, Jakarta, Rabu, 4 Juli 2018.
 
Selain itu, dia mengaku, banyaknya produk dan komoditas di Indonesia, seharusnya dapat dimanfaatkan oleh industri lokal untuk memperkenalkan keunggulan bahan baku makanan dan minuman yang dimiliki Indonesia. Sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pasar yang luas, tidak hanya di kawasan Asia untuk bisa dimasuki oleh industri makanan dan minuman negeri ini, tapi juga mengarah ke pasar global yang lebih luas lagi," tegas dia.
 
Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhi S Lukman memproyeksikan industri makanan dan minuman masih dapat tumbuh lebih dari 10 persen di tahun ini dibandingkan 2017.‎
 
‎Menurut Adhi, potensi industri makanan dan minuman di Indonesia dapat meningkat, karena suplai dan konsumen bervariasi, inovasi dan keamanan produk juga menjadi kunci kesuksesan utama. Meningkatnya minat akan cita rasa lokal di makanan dan minuman Indonesia juga menciptakan peluang bagi industri makanan dan minuman.
 
"Itu nantinya akan menghasilkan produk sebanyak mungkin berdasarkan permintaan yang kian tumbuh, baik dari lokal maupun internasional, hingga‎ memberikan peluang bagi bahan baku lokal untuk menjajaki pasar yang lebih luas," jelas dia.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif