Ilustrasi -- FOTO: Antara/Gunawan Wibisono
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Gunawan Wibisono

Terima Gaji, Orang Indonesia Lebih Suka Ditabung daripada Investasi

Ekonomi investasi keuangan
Husen Miftahudin • 16 Januari 2015 11:27
medcom.id, Jakarta: Berdasarkan hasil survei Citi Financial Quotient (Citi FinQ) diketahui bahwa masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan investasi dalam bentuk tabungan atau deposito. Hal itu karena masyarakat Indonesia ingin merasakan kenyamanan pada saat pensiun nanti.
 
"Masyarakat Indonesia mengatakan bahwa mereka cenderung berinvestasi untuk memastikan kenyamanan masa pensiun mereka dengan uang tunai seperti tabungan atau deposit dalam waktu tertentu," ungkap Senior Vice President Head of Wealth Management Citibank Indonesia, Ivan Jaya, seperti dikutip Jumat (16/1/2015).
 
Lebih lanjut, ia menyebutkan, ketika menerima gaji, orang Indonesia lebih suka untuk menyimpan uangnya dalam bentuk tabungan dibandingkan untuk investasi saham atau properti.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Paling banyak berinvestasi di produk konvensional, tabungan, cash. Kalau terima gaji ditabung, nabungnya di mana, orang Indonesia banyaknya di cash, pilihan asuransi posisi kedua, ada properti, reksa dana di nomor empat, sedangkan komoditas nomor lima," tambahnya.
 
Ivan menjelaskan, alasan masyarakat Indonesia lebih memilih tabungan dibandingkan investasi lain adalah karena kemudahan ketika ingin mengambil uang secara tiba-tiba.
 
"Karena tabungan bisa diambil setiap saat, sewaktu-waktu uang bisa diambil. Itu yang menyebabkan masyarakat Indonesia lebih memilih ke fitur saving," pungkas Ivan.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif