CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib menyatakan seluruh lini bisnis kelompok usaha merupakan keluarga besar yang tak terpisahkan. Termasuk antara unit usaha media dengan unit industri makanan yang dipayungi PUFR.
"Kami dari (unit) media membuka pintu selebar-lebarnya untuk membantu mempromosikan produk yang ada di PUFR, mulai dari Metro TV, Media Indonesia, Lampung Post, dan seluruh platform online seperti Medcom.id," ujar Mirdal dalam kunjungan jajaran direksi Media Group News ke beberapa anak usaha PUFR, Kabupaten Purwakarta, Selasa, 3 Maret 2020.
Mirdal sekaligus memberikan apresiasinya pada kinerja bisnis seluruh unit usaha PUFR. Apalagi perusahaan makanan ini punya market share hingga 60 persen secara nasional. Oleh karenanya dia juga mengharapkan seluruh produk PUFR bisa naik kelas dan mendunia.
"Kita harapkan PUFR tidak cuma berbicara di tingkat nasional tapi juga tingkat global. Kita sudah memiliki target pasar di Timur Tengah dan Afrika, insyaallah tahun ini kita bisa realisasikan keduanya itu," yakin Mirdal.
Hari ini jajaran direksi Media Group News melakukan kunjungan ke dua anak perusahaan PUFR, yakni PT Pangansari Utama (PSU) dan PT Dunia Daging Food Industries (DDFI). Dalam kunjungannya tersebut, Mirdal terkesan pada kinerja bisnis keduanya.
Di Dunia Daging, Mirdal terkesan dengan kapasitas produksi sebanyak 250 ton hingga 300 ton per bulan. Namun, Mirdal memberi tantangan pada jajaran direksi DDFI untuk meningkatkan produksi hingga 500 ton dan mendorong pangsa pasar produknya ke tingkat global.
Selain itu, perusahaan yang berdiri sejak 2 Februari 1999 itu juga telah mengelola bisnisnya dengan mengedepankan Profit, People, dan Planet. Proses bisnis Dunia Daging tak hanya mengejar nafsu profit, namun juga berhasil mengembangkan hubungan antarmanusia dan memberdayakan SDM sehingga tercipta capacity building yang lebih baik.
"Kemudian planet, di sini kita tidak melihat pemakaian plastik dan juga ada pengelolaan zero waste, seluruh minyak jelantah yang ada di sini didaur ulang kembali. Jadi di Media Group, kita mengelola perusahaan bukan hanya sekadar mengejar profit, tapi juga keberpihakan kita terhadap planet untuk going concern activity (proses bisnis berkelanjutan) kita," tegasnya.
Dirut DDFI Anjar Dwimantoro mengungkapkan, saat ini Dunia Daging memproduksi sosis sebanyak 250 ton per bulan, nugget 100 ton per bulan, bakso 50 ton per bulan, serta daging giling sebanyak 80 ton per bulan. Kemudian parting/portion chicken (bagian ayam) sebanyak 40 ton per bulan dan beef cut (potongan daging sapi) 100 ton per bulan.
"Produk-produk kita didukung sertifikasi GMP, Good Manufacturing Practice. Kita juga memperhatikan jaminan mutu kehalalan dari LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia)," jelas Anjar.
Adapun produk-produk Dunia Daging dipasarkan ke sejumlah wilayah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Balikpapan, dan Pekanbaru. "Pasar utama DDFI masih ke Freeport Indonesia, PT PSU Food Distributions, dan PT PSU Food Industries," pungkas Anjar.
Selain Mirdal, jajaran direksi Media Group News yang ikut melakukan kunjungan di antaranya VP Corporate Communications Media Group Fifi Aleyda Yahya, President Director Metro TV Don Bosco Selamun, News Director Metro TV Arief Suditomo, Sales & Marketing Director Metro TV Meniek Andini, Programming & Development Director Metro TV Agus Mulyadi.
Ada juga Finance, HR & Technical Support Director Metro TV Arif Nugroho, Deputy News Director Metro TV Nunung Setiyani, Wakil Pemimpin Redaksi Metro TV Budiyono, Direktur Utama Media Indonesia Firdaus Dayat, CEO Medcom.id Kania Sutisnawinata, Direktur Pemberitaan Medcom.id Abdul Kohar, Pemimpin Redaksi Medcom.id Budiyanto, dan Direktur Utama IDM Kioen Moe.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News