Penukaran Uang di Monas Diserbu Warga
?Penukaran Uang di Monas Diserbu Warga. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)
Jakarta: Bank Indonesia (BI) telah membuka layanan kas keliling bekerja sama dengan 13 bank di kawasan Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat. Layanan ini menyediakan uang rupiah pecahan kecil bagi masyarakat umum menjelang Lebaran 1439 hijriyah.

Pantauan Medcom.id, Rabu, 23 Mei 2018, masyarakat terlihat antusias menukarkan uangnya. Masyarakat yang harus mengambil nomor antrean terlebih dulu, kemudian menunggu nomornya dipanggil menuju mobil penukaran uang milik bank.

Adapun masyarakat harus membawa KTP sebagai syarat untuk menukarkan uang. Nantinya nomor induk kependudukan (NIK) akan di-input oleh petugas bank ke sebuah sistem yang terintegrasi sehingga NIK yang sama tidak bisa dua kali bertransaksi.

"Jadi kalau sudah menukar di sini, nomor NIK-nya sudah di-input sistem nanti dia enggak bisa tukar (uang) lagi. Walau di (mobil penukaran) bank lain juga tetap enggak bisa," kata salah seorang petugas bank kepada Medcom.id.

Pada kesempatan ini masyarakat dibatasi maksimal menukar senilai Rp3,7 juta. Pecahan yang didapat antara lain pecahan Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, dan Rp2.000 yang masing-masing berisi 100 lembar.

Pelaksanaan penukaran uang di IRTI Monas sendiri sudah dibuka sejak 14 Mei sampai dengan 25 Mei 2018. Meski begitu, penukaran uang tetap bisa dilakukan di kantor perwakilan BI, atau di kantor-kantor cabang perbankan.

Sementara itu, bank yang bekerja sama di antaranya adalah BNI, Bank Mandiri, BRI, BTN, BCA, Bank DKI, Bank Mega, Maybank, BJB, BNI Syariah, CIMB Niaga, Bank Mandiri Syariah, dan Permata Bank.

 



(AHL)