Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti -- FOTO: Antara/Muhammad Adimaja
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti -- FOTO: Antara/Muhammad Adimaja

Pelayanan Publik Rendah, Susi Sebut Birokrasi Indonesia Bobrok

Husen Miftahudin • 04 Desember 2014 18:46
medcom.id, Jakarta: Pelayanan publik di Indonesia dinilai masih kurang memuaskan. Hal ini terbukti melalui permintaan izin untuk mendirikan usaha di Indonesia yang masih sulit, berbelit, bahkan cenderung lama.
 
Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, selama ini yang menjadi biang kerok sistem pelayanan publik yang masih kurang memuaskan adalah birokrasi Indonesia yang masih bobrok. Jelas dia, para pegawai pemerintahan masih memiliki etika birokratik yang kuat dalam pelayanan publik, sehingga menyebabkan mereka tidak menempati masyarakat sebagai pelayan bersama.
 
"Pelayanan publik merupakan upaya yang tidak dapat dipisahkan untuk ciptakan pemerintahan yang baik. Selama ini sistem birokrasi menjadi penyebab (pelayanan publik yang tak memuaskan)," ucap Susi, dalam acara Konvensi Nasional Pengawasan Pelayanan Publik, di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (4/12/2014).

Ia mengungkapkan, fungsi pemerintah seharusnya memberikan berbagai layanan publik yang baik, entah itu dalam bentuk peraturan atau pun dalam bentuk upaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan, pendidikan, dan utilitas bagi masyarakat.
 
"Rendahnya kualitas pelayanan publik, nilai professionalisme non partisan yang jadi dasar pelayanan publik. Kepatuhan, itu jembatan utama menuju peraturan perundangan. Sinergi antara lembaga harus terus ditingkatkan, masyarakat pun harus mendukung," pungkas Susi.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AHL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan