Founder and Chairman MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya. Dok;IST.
Founder and Chairman MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya. Dok;IST.

MarkPlus Gelar Wow Brand Festive Day 2019

Ekonomi mark plus
Nia Deviyana • 21 Maret 2019 19:33
Jakarta: MarkPlus kembali menggelar festival terbesar bagi para brand Indonesia untuk keempat kalinya. Festival dengan tema Indonesia WOW Brand Festive Day 2019 ini mengangkat konsep OMNI sebagai strategi ekspansi pasar millennial dan centennial.
 
Founder and Chairman MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya mengatakan tema tersebut dipilih lantaran relevan dengan kondisi dan lanskap bisnis saat ini. Terutama soal disrupsi digital yang dianggap akan menggerus berbagai bisnis offline atau konvensional.
 
"Harus ada kolaborasi antara online dan offline. Disrupsi teknologi jangan menjadi kekhawatiran, justru harus menjadi peluang. Bagaimana mengintegrasikan dua hal berbeda dan paradoks. Itulah OMNI," ujarnya dalam event yang digelar di Ballroom Raffles Jakarta, pada Kamis 14 Maret 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya OMNI adalah salah satu strategi yang bisa dilakukan brand di tahun politik. Biasanya di tahun serba tidak pasti ini pelaku bisnis dan industri lebih memilih wait and see dibanding ofensif dan ekspansif di pasar. Karena online dan offline bukan hanya sebatas platform, tapi bagaimana menggaet pasar lebih besar.
 
Selain online dan offline, integrasi dua hal berbeda juga bisa dilakukan dengan memadukan pasar lintas generasi, yaitu millennial atau Gen Y serta centennial, sebutan untuk generasi Z.
 
"Millennial adalah pasar paling menjanjikan, terutama karena jumlah populasi serta daya beli yang ikut mempengaruhi gaya hidup mereka. Sementara centennial atau generasi Z, usia di bawah generasi Y, adalah pasar potensial di masa depan," tuturnya.
 
Lebih lanjut Hermawan menjelaskan integrasi keduanya adalah kunci sukses bisnis untuk bertahan dan tumbuh positif. Tidak hanya sebagai pasar, tetapi juga dari sisi sumber daya manusia.
 
"Tren menarik saat ini, banyak perusahaan atau brand yang mengkombinasikan kedua generasi tersebut untuk menghasilkan kampanye marketing yang relevan serta bisa menarik perhatian konsumen usia muda, baik millennial maupun centennial," tambah dia.
 
Sesuai tradisi, Indonesia WOW Brand Festive Day 2019 juga menghadirkan penghargaan WOW Brand 300 dan Indonesia Branding Campaign of the Year 2019. WOW Brand 300 adalah apresiasi terhadap sekitar 300 brand yang memiliki awareness tinggi serta direkomendasikan oleh konsumennya, berdasarkan riset lembaga survei MarkPlus Insight.
 
Survei dilakukan terhadap sekitar 5.600 sampel di lima daerah, Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, sampai Makassar, dan dilakukan di berbagai lintas sektor mulai dari brand di industri otomotif, finansial, consumer, sampai properti.
 
Brand-brand seperti Garuda Indonesia, Biskuit Roma, hingga e-commerce seperti Shopee yang berhasil memiliki nilai rekomendasi atau advokasi tinggi dan memimpin survei di bidang industrinya masing-masing.
 
Sementara Indonesia Branding Campaign of the Year 2019 memberikan penghargaan kepada brand yang berhasil dalam melakukan kegiatan kampanye marketing. Parameter penilaian adalah kampanye tersebut bisa diingat atau engage dengan konsumen berkat kreativitasnya, serta relevan dengan isu-isu terkini.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif