Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran KemenkopUKM Victoria Simanungkalit. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran KemenkopUKM Victoria Simanungkalit. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

Revitalisasi Pasar Harus Berikan Nilai Tambah pada UKM

Ekonomi Berita Kemenkop UKM
Gervin Nathaniel Purba • 09 April 2019 13:23
Jakarta: Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Victoria Simanungkalit menegaskan revitalisasi pasar rakyat harus bisa memberikan manfaat pada UKM yang berdagang di tempat itu dan masyarakat sekitar.
 
Menurutnya, ukuran keberhasilan revitalisasi pasar rakyat bukan hanya perbaikan infrastruktur pasar saja, namun juga harus mampu meningkatlan nilai tambah pada UKM yang berdagang di sana.
 
"Omzetnya harus naik. Selain itu apakah ada tambahan penyerapan tenaga kerja di sana," kata Victoria, dalam siaran pers, Selasa, 9 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejauh ini, Kemenkop UKM sudah melalukan revitalisasi pasar sebanyak 789 unit di 389 kabupaten/kota. Dari jumlah sebanyak itu, ada koperasi yang sukses dalam mengelola pasar dan ada juga yang belum banyak memberikan manfaat bagi UKM dan rakyat sekitar.
 
"Ini yang harus kita evaluasi bersama, kenapa sampai pasar itu banyak yang kosong pedagangnya dan tidak menarik. Apa pengelolanya yang tidak benar atau sebab yang lain," katanya.
 
Victoria menilai secara umum revitalisasi pasar rakyat yang dilakukan selama ini cukup bagus. Namun, dari sisi peningkatan nilai tambah bagi UKM sempat, masih perlu dioptimalkan.
 
"Produk UKM lokal belum banyak yang berkembang bahkan cenderung menggelar karpet merah untuk produk impor. Lihat saja dari keset, sapu, bulu ayam, pakaian batik semuanya diimpor dan dijual disana," ujar Victoria.
 
Diharapkan ke depan revitalisasi pasar akan dikembangkan juga melalui pendekatan tematik. Dalam hal ini produk produk lokal UKM setempat akan diprioritaskan untuk dijual di pasar rakyat.
 
"Berikut juga budaya lokalnya akan dikembangkan juga. Dengan demikian pasar rakyat tidak hanya sebagai tempat jual beli, namun juga bisa menjadi tempat destinasi wisata," ujarnya.

 
(ROS)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif