Direktur Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo. MTVN/Husen M.
Direktur Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo. MTVN/Husen M.

Bank Mandiri Enggan Kucurkan Kredit ke Perusahaan Rintisan

Ekonomi start up technology
Husen Miftahudin • 27 April 2016 19:21
medcom.id, Tangerang: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk masih enggan salurkan kredit ke perusahaan rintisan yang bergerak di bidang informasi teknologi atau yang kerap dikatakan startup.
 
Direktur Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, alasan utama pihaknya tak menyalurkan kredit ke perusahaan startup adalah karena dinilai tidak bankable. Ditambah kinerja yang belum membuahkan hasil dan revenue yang masih kabur.
 
"Startup ini kan baru ide, kadang-kadang baru prototype. Kadang-kadang baru jalan tapi size-nya belum kelihatan. Kadang sizenya sudah jalan tapi revenue-nya belum jelas," ujar Kartika dalam konferensi pers Indonesia E-Commerce Summit and Expo (IESE) di ICE Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Rabu (27/4/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, pria yang akrab disapa Tiko ini meminta agar perusahaan startup mencari permodalan melalui modal ventura. Konsep pendanaan tersebut dinilai paling tepat untuk sebuah perusahaan baru berbentuk sebuah ide.
 
"Memang kredit bukan usulan yang tepat untuk diberikan kepada startup, yang tepat itu venture capital. Venture capital itu bagaimana memberikan pendanaan base on future prospek, bukan base on current operation," imbuh dia.
 
Tiko menjelaskan, modal ventura cocok lantaran para investor pada dasarnya melihat dari sisi masa depan usaha tersebut. Bukan dari perkembangan bisnisnya saat ini.
 
"(Venture capital) mereka melihat bukan berdasarkan revenue atau cash flow. Dia melihat ide ini ke depan akan menjadi scalable dan bisa menghasilkan revenue atau tidak nantinya," pungkas Tiko.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif